Alga Pasir Tingkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Listrik Dinamis

spot_img

RADARSEMARANG.ID, GURU memerlukan tindakan nyata untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) para peserta didiknya. Terutama pada materi Listrik Dinamis yang diajarkan di kelas IX pada semester ganjil.
Sebab, sejauh ini masih banyak siswa yang memerlukan alat peraga nyata terutama pada saat mempelajari materi rangkaian listrik. Di sekolah memang sudah tersedia KIT Listrik yang di dalamnya terdapat papan matrik, lampu, penghubung, saklar dan peralatan listrik lainnya. Tetapi pada saat menggunakan papan matriks, ternyata rangkaian penghubungnya (kabelnya) tidak terlihat nyata seperti pada rangkaian listrik yang dipasang pada instalasi listrik, contohnya di rumah. Hal ini menyebabkan siswa masih kebingungan dalam memahami konsep rangkaian listrik dan membuat rangkaian utama seperti rangkaian seri dan rangkaian pararel. Apalagi kalau sudah rangkaian campuran.

Untuk itu, diperlukan alat peraga lebih nyata yang memperlihatkan rangkaian listrik. Dengan begitu, dalam menjelaskan konsep rangkaian seri dan pararel akan lebih mudah dan tampak nyata. Sehingga siswa akan memahami rangkaian gabungan seri pararel. Sebagai alternatifnya adalah dengan pembelajaran melalui penggunaan “Alga Pasir” yaitu Alat Peraga Papan Bersinar. Melalui alat peraga ini, siswa dapat melihat lebih nyata rangkaian listriknya. Melalui “Alga Pasir” ini, siswa dapat membedakan secara langsung antara rangkaian seri dan pararel pada lampu sehingga dapat memberikan kesimpulan konsep rangkaian seri dan rangkaian paralel.
Guru mendemonstrasikan penggunaan “Alga Pasir” dan menunjukkan rangkaian yang dibuat sesuai dengan desain yang ada pada gambar. Beberapa siswa secara bergantian diminta maju di depan kelas, membuat rangkaian listrik sesuai dengan gambar yang diberikan guru. Guru membagi kelas dalam kelompok untuk mendesain rangkaian listrik yang akan dibuat. Guru berkeliling ke tiap-tiap kelompok untuk membantu kelompok yang mengalami kesulitan. Pada kegiatan konfirmasi, guru meminta perwakilan kelompok mempresentasikan hasil desain rangkaian listrik yang telah dibuat, dan kelompok lain memberikan tanggapan. Guru memberikan umpan balik dengan memberikan tepuk tanggan pada siswa yang berhasil mempresentasikan dengan baik.

Baca juga:   Pendekatan Scientifik Tingkatkan Hasil Belajar Soal Cerita Perbandingan

Pada saat guru mendemonstrasikan “Alga Pasir” siswa jauh lebih antusias dalam memperhatikan penjelasan guru dan pembelajaran lebih interaktif. Hal ini terlihat, jumlah siswa yang mau bertanya lebih banyak dari biasanya. Saat siswa berkelompok membuat desain rangkaian listrik, terlihat aktivitasnya dalam berkelompok. Seperti mengemukakan pendapat, keaktifan dalam diskusi. Selanjutnya, pada saat berkelompok membuat rangkaian listrik, siswa terlihat lebih aktif karena waktu penyelesaian pembuatan rangkaian listrik juga dimasukkan dalam penilaian. Masing-masing kelompok berlomba-lomba menyelesaikan rangkaian listriknya dengan baik dan benar.
Setelah diadakan evaluasi dengan tes, hasil tes tertulis menunjukkan bahwa terjadi peningkatan jika dibandingkan dengan hasil pembelajaran tanpa menggunakan “Alga Pasir.” Secara umum bahwa proses pembelajaran telah berlangsung sesuai dengan tujuan, sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa penggunaan “Alga Pasir” dapat meningkatkan hasil belajar materi Listrik Dinamis bagi siswa kelas IX. Simpulan dari pelaksanaan pembelajaran mengggunakan “Alga Pasir” di Kelas IX, dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA materi Listrik Dinamis (rangkaian listrik) bagi siswa IX pada semester ganjil. (ips2/ida)

Baca juga:   Tanam Hidroponik Membangkitkan Minat Belajar Siswa Daring

Guru SMP Negeri 15 Surakarta

Author

Populer

Lainnya