Penggunaan Instagram sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Puisi

spot_img

RADARSEMRANG.ID, DI masa pandemi covid 19 penggunaan media pembelajaran yang tepat sangat berpengaruh dalam proses pembelajaraan agara mencapai tujuan pembelajaran dan proses pembelajaran bisa berjalan dengan baik Agar proses pembelajaran dapat berlangsung dengan baik, maka diperlukan pendukung-pendukung pembelajaran yang memadai. Dengan pendukung-pendukung pembelajaran yang memadai, maka kinerja siswa akan optimal dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran menjadi salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Karena media pembelajaran 3 mampu memvisualisasikan sesuatu yang abstrak menjadi konkrit dalam proses pembelajaran. Hamalik (1986) dalam Arsyad (2013:19) mengemukakan bahwa pemakaian media pembelajaran dalam proses belajar mengajar dapat membangkitkan keinginan dan minat yang baru, membangkitkan motivasi dan rangsangan kegiatan belajar, dan bahkan membawa pengaruh-pengaruh psikologis terhadap siswa.

Media sosial merupakan sebuah media berbasis kecanggihan teknologi yang diklasfikasikan dari berbagai bentuk, seperti majalah, forum internet, weblog, blog sosial, microblogging, wiki, siniar, foto atau gambar, video, peringkat dan bookmark sosial. Dengan menerapkan satu set teori dalam bidang penelitian (kehadiran sosial, media kekayaan) dan proses sosial. Selain kegunaan media sosial sebagai eksistensi diri, media sosial juga dapat digunakan sebagai media pembelajaran. Media online sangat berperan penting dalam proses pembelajaran. Salah satu media online yang bisa digunakan adalah sosial media instagram. Instagram adalah sosial media yang paling banyak dimiliki oleh peserta didik. Sosial media instagram juga bisa digunakan sebagai sarana pembelajaran bahasa Indonesia pada materi menulis puisi secara virtual. Seperti yang diterapkan di SMPN 2 Kaligondang.

Baca juga:   Tips Menulis Puisi Melalui Buku Harian

Pembelajaran menulis puisi dengan media sosial instagram sebenarnya sama saja dengan pembelajaran dalam jaringan, yang saat ini sedang diutamakan oleh pemerintah. Banyak sekali fiture dari instagaram yang bisa digunakan dalam penyampaian materi pembelajaran puisi. Beberpaa yang fiture yang bisa digunakan dalam instagram dalam penyampaian materi ada video siaran langsung, unggah IGTV, unggah video dan juga ungga foto yang ada di istagaram. Bagaimana cara melakukan pembelajaran melalu isntagram? Pertama dalam penyampaikan materi guru bisa menggunakan fiture video siaran langsung yang ada di instagram. Video siaran langsung tersebut bisa disimpan dan di upoload di fiture IGTV sehingga peserta didik bisa mengulang materi dengan cara melihat video yang ada di IGTV durasi bisa di sesuaikan dengan materi.

Ketika materi sudah disampaikan guru mencoba menerapkan kepda peserta didik dengan memberikan tugas untuk membuat tulisan yang puitis pada caption foto yang diunggah oleh peserta didik. Peserta didik menggungah foto sesuai dengan isi puisi yang ada di caption instagaram milik peserta didik dengan syarat instagram tidak boleh di privasi agar guru bisa melihat isi tulisan dari peserta didik. Ketika peserta didik sudah belajar bagaimana merangkai kata agar menjadi puisi yang indah melalui caption instgram selanjutnya peserta didik harus berani mebacakan puisi yang di buat oleh peserta didik dan di unggah ke IGTV milik masing-masing pesrta didik. Tidak hanya di IGTV peserta didik bisa menggungah pada story di istagram maupun di unggah video yang berdurasi 1 menit.

Baca juga:   Fashion Show Tingkatkan Percaya Diri Siswa

Penggunaan sosial media instagram dalam pembelajaran menulis puisi selain mempermudah pembelajaran di era pandemi saat ini yang mengharuskan untuk pembelajaran virtual tetapi ada manfaat yang lainnya. Peserta didik bisa berlatih untuk lebih percaya diri dalam mengekspresikan sesuatu melalui sosial media. Selain itu isi dari instagram peserta didik akan lebih menarik. (pkl2/zal)

Guru SMPN 2 Kaligondang

Author

Populer

Lainnya