Penggunaan Aplikasi Membaca Online untuk Menulis Resensi Novel

spot_img

RADARSEMRANG.ID, KEGIATAN menulis merupakan kegiatan yang tidak terpisahkan dalam proses belajar yang dialami peserta didik selama menuntut ilmu. Oleh karena itu, pengajaran keterampilan menulis di sekolah merupakan sarana untuk melatih dan menjadikan peserta didik kreatif dalam menulis. Melalui keterampilan menulis ini siswa diharapkan dapat menceritakan suatu kisah, menerangkan suatu kegiatan, dan berbagi rasa serta pikiran dengan menggunakan bahasa tulis. Berdasarkan sifatnya kegiatan menulis merupakan cara berkomunikasi secara tidak langsung, dalam arti kegiatan berkomunikasi dengan tidak bertatap muka.
Selain itu, menulis juga merupakan kegiatan yang produktif dan ekspresif. Tarigan (2008: 22) mengatakan bahwa menulis dapat diartikan menurunkan atau melukiskan lambang – lambang grafik yang menggambarkan suatu bahasa yang dipahami seseorang, sehingga orang lain dapat membaca lambang-lambang grafik tersebut jika mereka memahami bahasa dan gambaran grafik itu.

Keterampilan menulis merupakan salah satu jenis keterampilan berbahasa tulis yang bersifat produktif, artinya keterampilan menulis ini keterampilanyang menghasilkan tulisan. Menulis merupakan kegiatan yang memerlukan kemampuan yang bersifat kompleks. Menulis merupakan hal yang sangat sulit diaksanakan dalam apresiasi pembelajaran karena ketika akan menulis ketiga aspek yang berada di bawah menulis, yaitu (1) menyimak, (2)berbicara, (3) membaca, harus dilalui ataudikuasai terlebih dahulu. Seperti halnya dalam menulis resensi novel peserta didik dituntut terlebih dahulu untuk memahami prinsip- prinsip penulisan resensi buku sastra,kemudian siswa harus mencari terlebih dahulu buku sastra (novel) yang akan mereka resensi.

Baca juga:   Video Upin-Ipin Jawa Tingkatkan Menulis Pengalaman

Setelah mendapat kan novel, peserta didik harus membaca dan memahami terlebih dahulu isi novel yang akan diresensi agar mempermudah dalam penulisannya.Salah satu materi yang diajarkan disekolah dan berkaitan dengan menulis adalah menulis resensi buku sastra. Hal ini sesuai dengan Kompetensi Inti (KI no. 4) dan Kompetensi Dasar (KD no. 4.16) dikelas XI SMA dalam Kurikulum 2013yang berbunyi: KI 4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah abstrak terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri,bertindak secara efektif dan kreatif, serta mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan. KD 4.16. Menyusun sebuah resensi dengan memerhatikan hasil perbandingan beberapa teks resensi.

Beberapa kendala yang ditemukan guru dalam memberikan materi mengenai menulis resensi adalah kurangnya minat peserta didik dalam membaca novel dan permasalahan lainya. Misalnya, kurangnya ketersediaan novel di perpustakan sekolah, kurangnya minat peserta didik dalam membaca novel dsb. Di era digital sekarang dan di era pandemi seperti sekarang ini penggunaan aplikasi-aplikasi online yang menyedikan novel secara online sangat membatu peserta didik dalam meningkatkan minat untuk membaca novel. Apalagi di era pandemi seperti ini peserta didik menghabiskan banyak waktu di rumah untuk mengisi waktu luang peserta didik bisa menggunakan waktunya untuk membaca novel dan setelah itu peserta didik bisa menuliskan resensi novel yang dibaca.

Baca juga:   Mimadewo Mudahkan Siswa Menulis Descriptive Teks

Contoh beberapa aplikasi yang bisa peserta didik unduh di antaranya wattpad, storial.co, novelplus, google play books, Innovel dsb. Aplikasi tersebut bisa diunduh oleh peserta didik untuk bisa membaca novel. Seperti yang dilakukan di SMAN 1 Kutasari. Aplikasi-aplikasi tersebut ada yang geratis ada juga yang prabayar. Keunggulan menggunakan aplikasi-aplikasi online dalam membaca novel adalah peserta didik tidak dibebankan dengan buku yang tebal cukup denga smartphonenya saja peserta didik bisa membaca novel yang diinginkan dan juga ada novel yang belum di cetak menjadi buku tetapi sudah bisa di baca diaplikasi online tersebut. Keruginnya adalah tidak semua novel bestseller ada dalah aplikasi jika ada pasti akan dikenai biyaya. (pkl2/zal)

Guru SMAN 1 Kutasari

Author

Populer

Lainnya