Belajar Preposition Efektif di Rumah melalui WHITEBOARD.fi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Siswa setingkat sekolah menengah pertama harus belajar untuk menguasai bahasa Inggris sejak awal jika tidak ingin tertinggal oleh negara lain. Setidaknya mereka harus menguasai 4 keterampilan dalam berbahasa. Keterampilan mendengarkan (listening), berbicara (speaking), membaca (reading), dan menulis (writing). Dari keterampilan-keterampilan tersebut, siswa harus menguasai kosakata-kosakata sehingga mereka dapat menyusun kosakata-kosakata tersebut menjadi frasa-frasa dan kalimat-kalimat dengan baik.

Bagi siswa tingkat sekolah menengah pertama, khususnya kelas 7, mereka mendapatkan kendala dalam mempelajari bahasa Inggris. Kendala tersebut adalah kesulitan dalam mempelajari preposition. Padahal preposition dalam sebuah kalimat itu penting. Preposition merupakan kata yang menghubungkan komponen-komponen dalam kalimat. Preposition digunakan untuk menandai tempat, waktu, arah, maupun mengenal objek. Dalam pembelajaran bahasa Inggris, siswa sulit membedakan antara preposition on, in, dan at. Siswa cenderung terkecoh dan merasa kebingungan sehingga mereka salah menempatkan preposition pada kalimat.

Kendala lain yang dihadapi siswa ketika mereka belajar di tengah wabah Covid-19 yang merebak. Untuk siswa kelas 7 semester 2 SMP Negeri 3 Patebon, mereka harus merelakan waktu belajar di rumah untuk menerima seluruh pembelajaran. Padahal pada materi pembelajaran preposition, guru dan siswa tidak memungkinkan hanya sekadar bertanya jawab melalui grup WhatsApp. Karena materi ini terbilang sulit untuk siswa kelas 7.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Teks Report dengan Think Pair Share

Cristina Cabal dalam artikelnya yang berjudul Remote Teaching : Set up a Class and Give Every Student an Online Interactive WhiteBoard menyatakan bahwa guru dapat melaksanakan pembelajaran interaktif dari rumah secara efisien dan efektif dengan meminta siswa untuk bergabung, memberikan pertanyaan, dan meminta mereka menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut. Ini merupakan cara yang paling jitu ketika guru dan siswa tidak bisa bertemu secara langsung dan bertatap muka. Oleh karena itu, Cristina Cabal memperkenalkan pembelajaran melalui WHITEBOARD.fi. Melalui aplikasi ini, guru dapat mengkreasikan whiteboard untuk pembelajaran pada setiap siswa.

Adapun langkah pembelajaran, pertama, guru dapat mengakses google.com. Selanjutnya, guru dapat mengetik WHITEBOARD.fi. Lalu, pada layar akan muncul tampilan. Kedua, guru dapat membuat kelas baru dengan menekan NEW CLASS pada tampilan. Ketiga, siswa dapat bergabung ke dalam kelas dengan menekan JOIN CLASS pada tampilan. Keempat, guru dapat memberi nama pada tampilan NEW CLASS. Sementara itu, guru juga dapat membuat kelas baru dengan menekan CREATE NEW CLASS.

Baca juga:   Membaca Teks Recount Dengan Memotret Cerita Bergambar

Kelima, guru dapat membagi link pada siswa untuk masuk. Atau hanya memberi kode dan perintah untuk mengakses WHITEBOARD.fi dan menuliskan kodenya. Keenam, siswa dapat menekan JOIN CLASS dan menuliskan kode yang diberikan oleh guru. Ketujuh, siswa dapat menuliskan nama pada ENTER YOUR NAME. Setelah itu akan muncul tampilan whiteboard. Pada whiteboard ini, siswa dapat menuliskan jawaban-jawaban yang diberikan oleh guru mengenai materi pembelajaran preposition.
Kedelapan, untuk membersihkan whiteboard, guru maupun siswa dapat menekan CLEAR. Guru dapat memberikan pertanyaan yang berkenaan dengan materi preposition, dan siswa dapat menjawab pertanyaan baru dari guru.
WHITEBOARD.fi efektif digunakan pada pembelajaran jarak jauh. Dengan menerapkan aplikasi ini, pembelajaran antara guru dan siswa akan lebih menyenangkan meskipun mereka sedang tidak bertatap muka secara langsung. (gm1/aro)

Guru Bahasa Inggris, SMP Negeri 3 Patebon, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya