Belajar Grammar Asyik dengan SAC

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Ada empat keterampilan yang siswa perlu kuasai saat belajar bahasa Inggris. Empat keterampilan tersebut adalah listening (menyimak), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis). Empat keterampilan tersebut akan dikuasai dengan mudah jika para siswa menguasai kosakata dan grammar bahasa Inggris.

Pengajaran grammar bahasa Inggris bertujuan agar siswa bisa memahami dan menguasai 4 ketrampilan berbahasa dengan baik. Menurut definisi kompetensi secara umum Brown (2000:30) bahwa kompetensi tentang bahasa lebih ditekankan pada aturan-aturan grammarnya, kosakatanya dan semua bagian-bagian yang terkait satu sama lain.

Penguasaan grammar tentu saja tidak secara otomatis dikuasai namun memerlukan latihan yang terus menerus dan teratur. Dengan latihan teratur maka siswa bisa menguasainya.
Di saat pandemi ini guru tidak bisa menjelaskan secara langsung tentang grammar terutama penguasaan simple past tense. Siswa saat pandemi Covid-19 hanya bisa memanfaatkan keberadaan HP dalam belajar secara online maupun offline. Oleh karena itu siswa memerlukan suatu aplikasi tertentu yang bisa didownload kemudian dipelajari secara offline dan berlatih secara teratur. Strategi pemecahan masalah yang telah berhasil dilakukan adalah menerapkan pembelajaran ubiquitos learning atau “pembelajaran yang menggunakan dan didukung oleh teknologi yang dapat digunakan kapan saja, dimana saja dan sesuai konteks peserta didik” (de Sousa Monteiro dkk., 2014).

Baca juga:   Belajar IPS Asyik dengan Mencari Pasangan

Guru menemukan solusinya yaitu dengan penggunaan SAC (Smart Apps Creator). SAC adalah suatu aplikasi desktop untuk membuat aplikasi mobile android dan iOS tanpa kode pemprograman sehingga guru bisa berkreasi, menyematkan materi dan soal latihan pada aplikasi tersebut. Dengan menggunakan aplikasi tersebut siswa bisa belajar dengan mendownload dulu dan kemudian mempelajari simple past tense secara offline di HP.

Pembelajaran dengan SAC sangat cocok digunakan untuk menyampaikan materi grammar yang berjudul “Simple Past Tense” karena disamping menarik dan menyenangkan, aplikasi ini menggunakan prinsip pengulangan dan latihan yang dilakukan secara kontinyu (mengulang materi yang telah disampaikan sebelumnya dan dilanjutkan dengan latihan yang dilakukan secara berulang-ulang).

Adapun tahap pembelajaran yang pertama adalah siswa mendownload dan menginstal aplikasi SAC yang berisi materi “Simple Past Tense” dan latihan soalnya. Selanjutnya siswa belajar mandiri dengan cara mempelajari materi grammar yang ada di aplikasi SAC. Tahap selanjutnya siswa mengklik evaluasi sehingga siswa bisa berlatih grammar. Ketika siswa mengalami kesulitan dalam mengerjakan, siswa bisa mengklik tombol materi. Hasil skor otomatis ada di akhir latihan soal, sehingga siswa mengetahui kemampuannya. Skor tersebutlah yang nanti di-screenshot dan dikirimkan ke guru lewat WA. Guru memperoleh nilai dari siswa. Jika hasilnya kurang dari KKM maka guru menanyakan kesulitannya dalam belajar grammar dan meminta siswa untuk mengulang mengerjakan soal latihan.

Baca juga:   Si Kammi Tumbuhkan Rasa Senang Bahasa Inggris di Masa Pandemi-Covid-19

Dengan menggunakan SAC, terbukti siswa dapat belajar gammar tanpa beban tetapi justru merasa senang, rileks, ada interaksi antarsiswa dan guru melalui WA, sehingga pembelajaran di masa pandemi dapat berjalan secara lancar dan memudahkan siswa dalam menguasai materi yang pada akhirnya tujuan pembelajaran dapat tercapai dengan maksimal. (dj1/lis)

Guru MAN 3 Sleman

Author

Populer

Lainnya