LETS Membantu Peserta Didik Belajar Kosakata

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KOSAKATA dalam belajar bahasa Inggris sangatlah penting. Tanpa pemahaman kosakata tidak mungkin peserta didik dapat memahami ataupun menggunakan kosakata yang berhubungan dengan materi tertentu. Materi tersebut berkaitan dengan empat keterampilan dalam pembelajaran bahasa Inggris, yaitu berkaitan dengan listening (mendengarkan), speaking (berbicara), reading (membaca), dan writing (menulis). Kekayaan kosakata perlu dimiliki oleh setiap peserta didik terutama peserta didik di SMP Negeri 29 Semarang. Kekayaan kosakata perlu dimiliki dan sangat penting untuk mempelajari semua materi yang disampaikan dan dipelajari dan dapat dimanfaatkan dalam penerapan di kehidupan nyata.
Dalam kenyataannya di kelas banyak peserta didik kurang berminat dan tidak tertarik untuk mempelajari kosakata dengan serius. Ini dikarenakan peserta didik merasa kesulitan dalam memahami dan menghafal kosakata. Ditambah faktor guru dalam pembelajaran masih menggunakan metode yang konvensional. Yakni hanya ceramah dan memberikan daftar kosakata yang harus dihafalkan peserta didik. Fakta ini muncul pada peserta didik kelas IX SMP Negeri 29 Semarang, khususnya materi memahami kosakata yang berhubungan dengan materi pembelajaran dan kehidupan nyata.

Masalah pembelajaran tersebut perlu dicarikan alternatif solusinya. Menurut penulis diperlukan terobosan guru untuk melakukan motivasi pembelajaran di dalam kelas sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Tujuannya agar penyampaian materi ini lebih memotivasi peserta didik dan lebih menantang sehingga suasana pembelajaran lebih nyaman dan lebih hidup. Salah satu model pembelajaran yang dapat dipilih sebagai alternatif solusi bagi guru adalah menerapkan model pembelajaran LETS (Learning English Trough Songs).

Baca juga:   Pembelajaran Jarak Jauh Teks Descriptive dengan Bandicam

Model pembelajaran dengan model LETS, dipakai pertama kali oleh Cambridge University. Klik tautan berikut ini, https://www.cambridgeenglish.org/learning-english/parents-and-children/information-for-parents/tips-and-advice/learn-english-through-songs/. Menurut penemu Learning English Through Songs, pembelajaran bisa menyenangkan dan nyaman ketika peserta didik bisa mendengarkan lagu sambil belajar bagaimana cara mengucapkan kata-kata bahasa Inggris. Secara efektif, lagu membuat siswa lebih termotivasi daripada menggunakan teks bentuk lain (https:/brainly.co.id/tugas/22180542). Walaupun biasanya sederhana, beberapa lagu bisa mengandung hal-hal yang berhubungan dengan sintaksis, tata bahasa dan puitis yang agak rumit, dan bisa dianalisa dengan contoh tulisan bentuk lain.

LETS membuat partisipasi peserta didik aktif sejak kegiatan pembelajaran dimulai. Peserta didik diajak untuk turut serta dalam semua proses pembelajaran, tidak hanya mental akan tetapi juga melibatkan fisik. Dengan ini, peserta didik akan merasakan suasana yang lebih menyenangkan sehingga hasil belajar dapat dimaksimalkan.

Selain itu, LETS juga merupakan strategi pembelajaran untuk meninjau ulang (review) materi-materi yang sudah disampaikan. Peninjauan ini berguna untuk memudahkan peserta didik dalam mengingat-ingat kembali materi apa yang telah disampaikan. Peserta didik mampu mencapai tujuan pembelajaran baik aspek kognitif, afektif maupun psikomotorik.
Dalam mengembangkan dan melaksanakan model LETS praktiknya guru selalu memberikan bimbingan dan pengarahan. Guru memberi contoh cara pengucapan dan menyanyikan lagu tersebut dan peserta didik menirukannya. Ini dilakukan secara berulang, sehingga peserta didik hafal dan bisa menyanyikan lagu tersebut dengan menikmatinya. Memotivasi peserta didik menjadi bagian penting untuk menumbuhkan kesadaran diri peseta didik terhadap keseriusan dalam proses belajar mengajar. Ini juga berlaku pada materi pengayaan dalam kosakata bahasa Inggris. Selain itu dengan kreativitas guru, lagu-lagu tersebut dapat dihubungkan dengan materi pembelajaran yang dihadapi peserta didik kelas IX SMP Negeri 29 Semarang. (ips2/ida)

Baca juga:   Belajar Teks Naratif Lebih Mudah dan Menyenangkan melalui Drama

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 29 Semarang

Author

Populer

Lainnya