Media Film Tingkatkan Minat Siswa dalam Belajar Sejarah

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Dengan adanya media film dalam pembelajaran sejarah dapat membantu para guru dalam menyampaikan pesan pembelajaran, khususnya di SMA Negeri 1 Kesesi dalam mata pelajaran sejarah. Dengan media film ini proses pembelajaran akan lebih cepat dan lebih mudah ditangkap oleh siswa. Media memiliki kekuatan-kekuatan yang positif dan sinergi yang mampu merubah sikap dan tingkah laku kearah perubahan yang kreatif dan dinamis.

Saat ini media pembelajaran bukan lagi dipandang sebagai alat bantu tetapi merupakan bagian yang integral dalam pendidikan dan pembelajaran khususnya mata pelajaran sejarah. Dalam mata pelajaran sejarah ada tiga kompetensi dasar yang harus dikuasai oleh peserta didik, anatara lain: satu, perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa. Dua, sistem dan struktur politik, ekonomi masa demokrasi parlemnter. Tiga sistem dan struktur politik dan ekonomi masa demokrasi terpimpin.

Salah satu metode pembelajaran yang diterapkan guru yaitu dengan media film yang dipersiapkan oleh guru agar dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar sejarah, sehingga materi yang disampaikan terus diingat dan dapat dipahami oleh siswa dengan baik.

Baca juga:   Metode Outdoor Mengoptimalkan Karakter Ingin Tahu bagi Peserta Didik

Penggunaan media film ada beberapa tahap: pertama, menetapkan tujuan yang akan dicapai dari penggunaan media film yang berhubungan dengan pelajaran yang akan dijelaskan. Kedua, mempersiapkan kelas dilakukan supaya mereka mendapatkan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang timbul dalam pikiran mereka sewaktu menyaksikan film tersebut. Ketiga, langkah penyajian yaitu guru mempersiapkan laptop, proyektor, layar, pengeras suara, power cord, film, ekstra rol dan tempat proyektor. Guru juga harus memperhatikan keadaan ruangan gelap atau tidak. Keempat, guru membentuk kelompok belajar, setiap kelompok terdiri dari enam orang, setiap kelompok disuruh mengamati, memperhatikan pemutaran film sejarah yang telah dipersiapkan oleh guru.

Guru akan memberikan pertanyaan tentang perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa seperti: satu, bagaimanakah perjuangan menghadapi ancaman disintegrasi bangsa. Kedua, bagaimanakah konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan ideologi. Ketiga, bagaimanakah konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan kepentingan. Keempat, bagaimanakah konflik dan pergolakan yang berkaitan dengan sistem pemerintahan.

Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk mendiskusikan pertanyaan dan rancangan jawaban tersebut. Dengan adanya penggunaan media film dalam proses pembelajaran sejarah di SMA N 1 Kesesi dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar sejarah. Karena dapat mempelajari sejarah masa lalu dengan pengamatan langsung melalui media film yang diputar oleh guru, sehingga siswa dapat memberikan pendapat, jawaban dari pertanyaan yang diberikan oleh guru. Kemudian hasil kerja kelompok dipresentasikan di depan kelas.

Baca juga:   Penggunaan Media Video untuk Mengatasi Kejenuhan Siswa dalam PJJ

Kelebihan dari penggunaan media film antara lain: satu, dapat menarik minat siswa untuk mempelajari sejarah. Dua, dapat menayangkan peristiwa sejarah yang telah terjadi. Tiga, mengembangkan pikiran dan pendapat para siswa. Empat, menambah daya ingat pada pelajaran khususnya sejarah. Lima, pembelajaran lebih berkesan karena siswa dapat melakukan pengamatan langsung terhadap peristiwa sejarah yang telah terjadi di masa lampau.

Penggunaan media film pada kegiatan pembelajaran sejarah dapat dikatakan berhasil, karena dapat meningkatkan minat siswa dalam belajar sejarah. (on2/lis)

Guru Sejarah SMA Negeri 1 Kesesi

Author

Populer

Lainnya