Kepala Sekolah Harus Memiliki Kompetensi Kewirausahaan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MENJADI Kepala SDN 3 Jampiroso Kecamatan Temanggung Kabupaten Temanggung ternyata tidak mudah. Banyak tugas yang menuntut kompetensi prima. Dari sekian banyak kompetensi yang harus dimiliki oleh seorang kepala sekolah, dapat dikelompokkan menjadi enam kompetensi, 1) Kompetensi Kepribadian dan Sosial; 2) Kompetensi Kepemimpinan Pembelajaran; 3) Kompetensi Pengembangan Sekolah; 4) Kompetensi Manajemen Sumberdaya; 5) Kompetensi Kewirausahaan; dan 6) Kompetensi Supervisi Pembelajaran. (Petunjuk Teknis Penilaian Kinerja Kepala Sekolah, Disdikbud Jateng:2018).

Namun ada lima sub kompetensi pada Kompetensi Kewirausahaan. Pertama, menciptakan inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan sekolah. Kedua, memiliki motivasi yang kuat untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya sebagai pemimpin pembelajaran. Ketiga, memotivasi warga sekolah untuk sukses dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya masing-masing. Keempat, pantang menyerah dan selalu mencari solusi terbaik dalam menghadapi kendala yang dihadapi sekolah. Kelima, menerapkan nilai dan prinsip-prinsip kewirausahaan dalam mengembangkan sekolah.

Pada sub kompetensi pertama, kepala sekolah dituntut mampu menciptakan gagasan yang kreatif, baru, dan berbeda, dalam proses pengelolaan sekolah (perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan); muatan lokal yang bernilai kewirausahaan, dan pendayagunaan sumberdaya pendidikan (uang, sarpras, informasi) dan pembelajaran.

Baca juga:   Belajar Tata Surya dengan Pendekatan Kontruktivisme Lebih Imajinatif

Selanjutnya, sub kompetensi kedua, kepala sekolah harus memiliki keyakinan yang kuat bahwa ia mampu mencapai keberhasilan; memiliki visi sukses sebagai kepala sekolah, melaksanakan strategi yang tepat untuk mencapai visi suksesnya, berani menghadapi risiko yang ditimbulkan dari visi dan strategi yang dilaksanakan, melaksanakan refleksi dan perbaikan terus-menerus dalam menjalankan strategi untuk mencapai keberhasilan visinya, dan meraih berbagai prestasi secara berkesinambungan pada bidang-bidang yang relevan dengan tugas dan fungsinya sebagai kepala sekolah pada tingkat kabupaten/kota, provinsi, nasional, atau internasional.

Kemudian berkenaan dengan sub kompetensi ketiga, kepala sekolah harus mampu mengusahakan agar setiap warga sekolah memiliki visi sukses dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi masing-masing yang sejalan dengan visi, misi, dan tujuan sekolah, melaksanakan strategi yang tepat untuk mencapai visi sukses masing-masing, melaksanakan refleksi dan perbaikan terhadap kinerjanya menuju pencapaian visi suksesnya, dan mencapai prestasi-prestasi yang relevan dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing pada berbagai tingkatan, antara lain tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten/kota, provinsi, nasional, atau internasional.

Berikutnya, berkenaan dengan sub kompetensi yang keempat, kepala sekolah harus berpendirian kuat dalam menperjuangkan pencapaian visi suksesnya, mampu mengidentifikasi dengan tepat masalah mendasar dan kendala yang dihadapi sekolah, mampu mengidentifikasi berbagai alternatif baru dan kreatif dalam memecahkan masalah yang dihadapi dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya sebagai kepala sekolah, mampu memilih alternatif terbaik dalam memecahkan masalah yang dihadapi, melaksanakan secara konsisten alternatif yang dipilih; melaksanakan evaluasi dan refleksi terhadap masalah yang diidentifikasi dan pemecahan yang telah dilaksanakan, dan belajar secara terus-menerus melalui berbagai cara untuk menemukan cara-cara baru dan kreatif dalam mencari solusi terhadap masalah dan kendala yang dihadapi.

Baca juga:   Gerakan Literasi Sekolah Mesem Meningkatkan Minat Baca Siswa

Terakhir, berkenaan dengan sub kompetensi yang kelima, kepala sekolah harus mampu mengembangkan sekolah dengan menerapkan prinsip-prinsip inovatif dan kreatif, rasa percaya diri yang kuat, berorientasi pada visi, misi, dan tujuan sekolah, kerja keras dan pantang menyerah, dan bervisi pertumbuhan.

Tugas yang harus diemban kepala sekolah dalam satu kompetensi, sangat berat. Padahal masih ada lima kompetensi lain. Meski begitu, tetap harus memiliki komitmen dan semangat tinggi, untuk menjalankan tugas kepala sekolah dengan baik. (ips2.1/ida)

Kepala SDN 3 Jampiroso Kec/Kab Temanggung

Author

Populer

Lainnya