Google Voice Tingkatkan Kemampuan Pengucapan Bahasa Inggris Siswa

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SEKOLAH dimana penulis mengajar saat ini tidak sama dengan sekolah ketika penulis masih menjadi murid dan sekolah sekarang tidak akan sama dengan sekolah dimana keturunan kita akan belajar di masa mendatang. Evolusi kehidupan dan masyarakat merupakan reflekasi sekolah sebagai institusi. Saat ini kita menjadi penonton perubahan besar yang sedang terjadi. Aspek-aspek seperti perhatian untuk keanekaragaman, program-program untuk melawan perundungan dan membela persamaan, mekanisme untuk melindungi murid atau inklusi teknologi dalam pengembangan sangat relevan di negara kita yang pluaralis ini. Aspek teknologi adalah aspek yang menjadi perhatian penulis. Teknologi hadir di hampir semua bidang kehidupan kita.

Ketika kita menggunakan bahasa untuk mengungkapkan pikiran, perasaan, gagasan, dan pengalaman kepada orang lain, kita bisa melakukan hal-hal ini dengan berbicara. Berbicara adalah suatu kegiatan dimana orang bisa berkomunikasi dengan orang lain, setidaknya ada dua orang yang terlibat dalam kegiatan ini sebagai pembicara dan sebagai pendengar. Ur (1996:12) seperti dikutip oleh Herman (2016) mengatakan bahwa berbicara adalah salah satu ketrampilan paling penting. Kita harus memiliki ketrampilan lain dalam berbicara seperti penguasaan tata bahasa, ketrampilan mendengar, penguasaan kosakata dan pengucapam (pronunciation) yang baik.

Baca juga:   Belajar Teks Prosedur dengan Memanfaatkan Media QR Code dan Alat Pindai

Google Voice, menurut wikipedia Indonesia, merupakan aplikasi daring yang menyediakan layanan gratis untuk pengelolaan telepon. Layanan ini berbasis Voice over Internet Protocol (VoIP). Layanan ini secara otomatis mampu mentransformasikan pesan suara menjadi surel atau pesan teks SMS dan menyediakan transkrip pada pesan masuk surel pengguna pada telepon seluler atau komputer. Ketika kita menerima pesan suara, Google Voice akan secara otomatis mengubahnya menjadi teks sehingga kita bisa membaca apa isi pesan suara itu.
Penggunaan Google Voice ini sangat aplikatif karena siswa bisa melatih pengucapan mereka kapan saja dan di mana saja selama telepon seluler siswa terhubung secara online. Siswa tidak sepenuhnya bergantung pada guru untuk meningkatkan kemampuan pengucapan Bahasa Inggris mereka karena transkrip yang muncul bisa menunjukkan pengucapan yang salah. Siswa bisa melatih pengucapan mereka dengan lebih rileks. Mereka tidak perlu merasa malu jika melakukan pengucapan yang salah karena mereka sendiri yang mengetahui kesalahan ucapan tersebut. Seperti yang diterapkan di SMPN 29 Semarang.

Cara penggunaan google voice sangat mudah. Pertama, siswa membuka aplikasi Google Voice di WhatsApp. Lalu siswa membaca teks pendek dan direkam dalam Google Voice. Selanjutnya siswa menganalisa teks hasil membaca teks pendek untuk mengetahui ucapan kata yang salah. Guru memotivasi siswa untuk melakukan hal ini secara berulang dan kontinyu.
Setelah menganalisa data pengucapan siswa, penulis menemukan bahwa siswa melakukan lebih sedikit kesalahan pengucapan setelah berulangkali berlatih membaca menggunakan aplikasi Google Voice. Jadi penulis menarik kesimpulan bahwa penggunaan Google Voice bisa meningkatkan kemampuan pengucapan Bahasa Inggris siswa. Dalam situasi yang rileks dan tidak tertekan, siswa bisa melatih pengucapan Bahasa Inggris mereka dengan baik secara mandiri.

Baca juga:   Pembelajaran Bahasa Inggris dengan Media Vocabulary Card

Penggunaan Google Voice meningkatkan motivasi siswa untuk memperbaiki pengucapan mereka yang selama ini mungkin mereka abaikan. Dengan Google Voice siswa secara langsung bisa mengetahui kesalahan pengucapan yang mereka buat tanpa orang lain mengetahui kesalahan tersebut. Siswa secara mudah bisa memantau atau memonitor kemampuan pengucapan Bahasa Inggris mereka dengan aplikasi Google Voice. Motivasi yang tinggi dan pemantauan pengucapan secara terus menerus niscaya bisa meningkatkan kemampuan pengucapan Bahasa Inggris siswa. (ips2/zal)

Guru Bahasa Inggris SMPN 29 Semarang

Author

Populer

Lainnya