Meningkatkan Kebugaran Jasmani melalui Permainan Lompat Tali

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Kebugaran jasmani menunjukkan kemampuan seseorang untuk mengerjakan tugas secara fisik pada tingkat moderat tanpa lelah yang berlebihan. Menurut U.Z. Mikdar (2006: 45) kebugaran jasmani adalah kemampuan tubuh seseorang untuk melakukan tugas dan pekerjaan sehari-hari tanpa menimbulkan kelelahan yang berarti, sehingga tubuh masih memiliki simpanan tenaga untuk mengatasi beban kerja tambahan.

Unsur-unsur dalam kebugaran jasmani diantaranya adalah kekuatan, daya tahan otot, ketepatan, kelincahan, kelenturan, daya ledak, koordinasi, dan keseimbangan. Kebugaran jasmani yang baik dibutuhkan oleh siswa khususnya usia SD karena masih dalam masa pertumbuhan. Siswa dengan kebugaran jasmani yang baik tentu akan terpenuhi kebutuhan ruang geraknya, memiliki otot dan tulang yang lebih kuat, tidak mengalami obesitas, memiliki kemampuan kognitif dan afektif yang baik.

Namun pada kenyataannya, tingkat kebugaran jasmani di sekolah masih kurang baik. Terbukti siswa di SD Negeri Mejing 2 Kecamatan Candimulyo Kabupaten Magelang banyak yang mengalami kelebihan berat badan, atau kegemukan dikarenakan kurangnya aktivitas gerak siswa sehingga mudah mengalami kelelahan saat melakukan aktivitas olahraga. Hal ini menyebabkan fisik siswa lemah dan kurang tenagannya untuk mampu melakukan tugas fisik yang cukup berat.

Baca juga:   Pembelajaran Gerak Overhead Backhand Bulutangkis dengan PBL

Kurangnya aktivitas gerak mengakibatkan daya tahan jantung-paru yang kurang maksimal, apalagi saat melakukan olahraga, kebanyakan siswa mudah mengalami kelelahan. Sehingga proses pembelajaran penjas tidak dapat terlaksana secara maksimal. Hal tersebut menjadi masalah tersendiri dalam mata pelajaran pendidikan jasmani karena mata pelajaran pendidikan jasmani dituntut untuk meningkatkan serta mempertahankan tingkat kebugaran jasmani siswa.

Untuk meningkatan kebugaran jasmani dapat dilakukan dengan cara bermain lompat tali. Di SD Negeri Mejing 2 permainan lompat tali dilakukan secara beregu untuk melatih kerja sama antar siswa. Permainan lompat tali secara fisik akan menjadikan anak lebih kuat dan tangkas, membentuk otot tubuh bagian atas dan bawah, menambah daya tahan tubuh, melatih koordinasi tubuh, serta meningkatkan kesehatan jantung dan pembuluh darah. Dengan melakukan permainan lompat tali, diharapkan kebugaran jasmani siswa di SD Negeri Mejing 2 akan meningkat. (gm2/ton)

Guru PenjasOrkes SDN Mejing 2, Kec. Candimulyo, Kab. Magelang.

Author

Populer

Lainnya