Trik Voice Note Meningkatkan Skill Siswa di Masa Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Salah satu tujuan negara Republik Indonesia adalah untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Selain itu di bidang pendidikan, pembangunan juga berupaya meningkatkan kualitas manusia Indonesia guna mewujudkan masyarakat yang maju, yang telah diamanatkan dalam Undang-Undang No 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Tugas utama guru adalah menciptakan suasana dalam kelas agar terjadi interaksi belajar mengajar yang dapat memotivasi siswa untuk belajar dengan baik dan sungguh-sungguh. Dalam kegiatan belajar mengajar terdapat dua hal yang turut menentukan berhasil tidaknya suatu proses belajar mengajar, yaitu pengelolaan kelas dan pengajaran itu sendiri.

Beberapa pemerintah daerah memutuskan menerapkan kebijakan untuk menerapkan metode belajar dengan sistem daring (dalam jaringan) atau online. Hal ini sesuai dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI terkait Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Sistem pembelajaran daring (dalam jaringan) merupakan sistem pembelajaran tanpa tatap muka secara langsung antara guru dan siswa tetapi dilakukan melalui online yang menggunakan jaringan internet. Guru harus memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berjalan, meskipun siswa berada di rumah. Solusinya, guru dituntut dapat mendesain media pembelajaran sebagai inovasi dengan memanfaatkan media daring (online).

Baca juga:   Gembira Belajar melalui Siaran Radio Pembelajaran di Masa Pandemi

Dalam memberikan materi pelajaran pada peserta didik kelas 6 khususnya di SDN 3 Cepiring Kabupaten Kendal, penulis menggunakan teknik “setoran suara atau voice note” untuk meningkatkan skill siswa dengan model belajar daring (dalam jaringan). Setiap peserta didik memiliki teknik belajarnya masing-masing. Ada yang lebih mudah menyerap materi melalui suara, maka tidak ada salahnya untuk merekam. Ada juga peserta didik yang lebih memahami materi dengan catatan kecil yang mereka tulis. Dengan adanya pembelajaran online setiap selesai memberikan materi kepada peserta didik, maka penulis menekankan pada peserta didik untuk mengumpulkan ringkasan materi dengan cara storan suara atau voice note.

Voice note di sini meringakan penggunaan kuota dalam atau irit kuota. Dimana melatih peserta didik berbicara atau berkomunikasi untuk mengembangkan secara interpersonal, baik bersikap, berbicara, maupun bertindak.

Keberhasilan guru dalam melakukan pembelajaran daring (dalam jaringan) pada situasi pandemi Covid-19 adalah kemampuan guru dalam berinovasi merancang, dan meramu materi, metode pembelajaran, dan aplikasi apa yang sesuai materi dan metode. Kreatifitas merupakan kunci sukses dari seorang guru untuk dapat memotivasi peserta didik tetap semangat dalam belajar secara online dan tidak menjadi beban psikis. Kerja sama yang baik antara guru, peserta didik, orang tua siswa dan pihak sekolah menjadi faktor penentu agar pembelajaran daring lebih efektif.

Baca juga:   Mengajar Asyik Kelas Online Bahasa Inggris Masa Krisis Covid-19

Semoga pandemi Covid-19 cepat berlalu, sehingga proses pembelajaran bisa terlaksana seperti semula dengan kehadiran guru dan siswa yang saling berinteraksi langsung. Aamiin Ya Rabbal’alamin. (on2/lis)

Guru SDN 3 Cepiring, Kec. Cepiring, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya