Tingkatkan Kemampuan Pengolahan Kue Indonesia dengan Jobsheet Bergambar

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran praktik merupakan suatu proses untuk meningkatkan keterampilan peserta didik dengan menggunakan berbagai metode dan media sesuai dengan keterampilan yang diberikan dan peralatan yang digunakan. Salah satu media pembelajaran praktik pada mata pelajaran keterampilan tata boga pada siswa kelas XI MAN 1 Sleman semester gasal tahun ajaran 2020/2021 yaitu dengan mengunakan jobsheet bergambar. Penggunaan jobsheet bergambar diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan sekaligus meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pembelajaran praktik pengolahan kue Indonesia.

Pembelajaran praktik pengolahan kue Indonesia merupakan salah satu materi pembelajaran praktik kelas XI semester satu pada mata pelajaran keterampilan tata boga di Madrasah Aliyah Negeri 1 Sleman. Dalam pembelajaran pratik pengolahan kue Indonesia siswa di harapkan dapat melakukan tahapan-tahapan proses pembelajaran praktik yang di mulai dari tahap persiapan bahan dan alat, proses pembuatan produk kue dan penyajiannya.

Langkah awal dalam pembelajaran praktik pengolahan kue Indonesia adalah dengan menyampaikan job sheet atau lembar kerja siswa yang berfungsi sebagai pedoman kerja dalam praktik pengolahan. Menurut Andi Prastowo 2012: 205-206, dan Trianto 2009:222, fungsi job sheet atau lembar kerja siswa adalah sebagai berikut : (1) Sebagai bahan ajar yang bisa meminimalkan peran pendidik/ guru namun lebih mengaktifkan peserta didik. (2) Sebagai bahan ajar yang mempermudah peserta didik untuk memahami materi yang di berikan serta kompetensi keterampilannya. (3) Sebagai bahan ajar yang ringkas dan mengandung unsur melatih keterampilan. (4) Sebagai panduan untuk latihan pengembangan aspek kognitif maupun semua aspek pembelajaran dalam bentuk panduan eksperimen/ demonstrasi.

Baca juga:   Sinergitas Guru dengan Siswa dalam Proses Pendidikan

Tujuan penyusunan job sheet menurut Andi Prastowo 2012:206 adalah sebagai berikut : (1) Menyajikan bahan ajar yang memudahkan peserta didik untuk berinteraksi dengan materi yang di berikan guru. (2) Menyajikan tugas-tugas dan langkah kerja yang meningkatkan penguasaan peserta didik terhadap materi. (3) Memudahkan guru dalam mendampingi proses kegiatan praktik.

Media job sheet bergambar pada praktik pengolahan kue indonesia dibuat untuk memudahkan peserta didik dalam memahami materi sehingga meningkatkan kemampuan dalam melakukan praktik pengolahan. Penyajian gambar pada job sheet praktik pengolahan kue Indonesia merupakan salah satu upaya untuk lebih memperjelas proses pembuatan produk kue sehingga peserta didik dapat dengan jelas mengikuti langkah-langkah pembelajaran yang dimulai dari persiapan alat, bahan, cara kerja dan penyajian produk kue. Job sheet atau lembar kerja siswa di sampaikan pada peserta didik setiap awal pembelajaran praktik sehingga peserta didik dapat mempelajarinya terlebih dahulu, sehingga pada saat pembelajaran praktik berlangsung peran guru hanya sebagai fasilitator atau pendamping dan peran peserta didik sebagai pelaksana.

Baca juga:   Jurus Jitu Agar Pelajaran Olahraga Semakin Disuka

Penyajian gambar pada job sheet praktik pengolahan kue Indonesia merupakan salah satu upaya untuk lebih memperjelas proses pembuatan produk kue sehingga peserta didik dapat dengan jelas mengikuti langkah-langkah pembelajaran praktik sehingga dapat membuat produk nyata. (on2/ton)

Guru MAN 1 Sleman Yogyakarta

Author

Populer

Lainnya