Peran Guru BK Dalam Pembelajaran Daring yang Efektif dan Menyenangkan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Adanya pandemi Korona yang mengharuskan siswa belajar di rumah dengan kurangnya interaksi secara langsung membuat siswa mengalami kesulitan dan ketidakmenyenangkan dalam menyelesaikan tugas dari ibu dan bapak guru. Siswa yang biasanya melakukan kegiatan pembelajaran secara langsung di kelas dengan bimbingan dan pengawasan guru di masa pandemi Korona ini dengan berat hati harus belajar sendiri di rumah dengan pengawasan orang tua dan saudara. Hal ini harus disikapi oleh guru dan siswa dengan bijaksana dan penuh tanggung jawab yaitu dengan melakukan pembelajaran secara online.

Pembelajaran secara online di zaman yang sudah modern ini tidaklah sulit. Guru dan siswa bisa menggunakan fasilitas yang terdapat di google Classroom. Aplikasi google Classroom mudah dipahami dan dimengerti oleh siswa maupun guru. Dalam aplikasi google Classroom siswa nantinya diberikan kode kelas masing-masing kemudian peran guru adalah memberikan materi sesuai dengan KD yang sudah disepakati. Agar pembelajaran menyenangkan guru harus tetap berorientasi pada tujuan pembelajaran di mana keleluasaan untuk berinovasi dan kreasi harus terus dikembangkan. Menumbuhkan rasa semangat dan tidak mudah putus harus terus ditanamkan pada diri siswa.

Baca juga:   Menyenangkan Belajar Bahasa Inggris melalui Pembelajaran Daring

Dalam pembelajaran daring di mana guru dan siswa tidak dapat berinteraksi secara langsung jangan dijadikan alasan tidak tercapainya tujuan pembelajaran. Guru harus memancing siswa dengan mengajukan pertanyaan agar siswa memiliki rangsangan dalam pembelajaran daring dengan menggunakan media sosial. Di sini lah tugas dan fungsi guru BK sebagai fasilitator siswa agar terus berkreasi terhadap materi yang mereka terima. Selain sebagai fasilitator guru BK juga harus memberikan motivasi atau semangat untuk mengikuti pembelajaran secara daring dengan cara memberikan penghargaan dan pujian dimana hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi google Classroom.

Aplikasi google Classroom ini juga berfungsi untuk melakukan konseling dan bimbingan dalam masa lockdown yaitu dengan cara video call. Dalam hal ini siswa yang terpenting dapat merasa difasilitasi dan diperhatikan dalam menghadapi banyak tugas yang diberikan guru setelah mendapat gambaran materi dari ibu dan bapak guru mata pelajaran. Manfaat video call ini siswa bisa langsung curhat kapan dan di mana saja berada. Layanan ini dirasa efektif dan menyenangkan dalam pembelajaran secara daring dengan menggunakan aplikasi google Classroom. Ini bentuk layanan dan konseling melalui google Classroom, tetap jaga kesehatan dan mawas diri terhadap virus Korona dengan rajin cuci tangan dan kurang interaksi dengan orang lain dengan tetap berada di rumah. Semoga virus Korona cepat musnah agar pembelajaran bisa dilakukan secara langsung. (dj2/ton)

Baca juga:   Belajar Virtual lebih Mudah dan Atraktif melalui Media Video

Guru BK SMP N 1 Karanganyar Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya