Belajar Statistika dengan Tutor Sebaya Berbantuan Modul

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Statistika adalah salah satu materi yang dianggap sulit oleh sebagian peserta didik. Selain berisi rumus yang banyak, yang menurut mereka wajib dihafalkan, juga memerlukan pemikiran khusus saat menyelesaikan permasalahan. Akhirnya, rendahnya hasil belajar sering menjadi masalah bagi peserta didik, sehingga guru dan orang tua harus berupaya untuk memecahkan masalah tersebut.

Padahal ilmu statistika banyak diaplikasikan dalam berbagai bidang. Dalam bidang pemerintahan statistika digunakan untuk sensus penduduk, voting atau polling (contoh pemilihan dan penghitungan suara dalam pemilihan umum atau quick count). Pada kehidupan sehari-hari penggunaan statistika antara lain untuk menghitung laba, rugi, menghitung jumlah uang yang diperlukan dalam belanja rumah tangga, dan menghitung Indeks Prestasi mahasiswa. Pada dunia bisnis statistika dapat digunakan untuk menghitung keuntungan dalam sebuah proyek, seperti peluang menanamkan saham. Pada bidang industri, statistika digunakan dalam pengambilan keputusan, seperti jumlah produksi dalam sehari berdasarkan riwayat atau histori perusahaan dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Karena manfaat yang sangat banyak itulah, guru sebisa mungkin harus dapat memberikan materi ini dengan menggunakan metode yang menarik agar dapat diterima dengan baik oleh peserta didik.

Baca juga:   Menstimulasi Aktivitas Senam Irama dengan Rangku Alu

Metode tutor sebaya berbantuan modul adalah suatu kegiatan belajar mengajar di kelas yang memberi kesempatan pada peserta didik untuk mengajarkan dan berbagi ilmu pengetahuan atau keterampilan pada peserta didik yang lain. Mereka membantu temannya yang mengalami kesulitan dalam belajar sehingga temannya bisa memahami materi dengan baik. Tutor sebaya dapat memberi rasa nyaman pada peserta didik karena pada umumnya hubungan antara teman lebih dekat dibandingkan hubungan guru.

Bantuan belajar yang diberikan oleh teman sebaya dapat menghilangkan rasa kecanggungan seperti halnya dengan guru. Bahasa yang digunakan antara teman dengan teman lebih dapat dipahami dari pada guru dengan peserta didik.

Metode latihan bersama teman memanfaatkan peserta didik yang telah lulus atau berasil untuk melatih teman yang mengalami kesulitan. Tutor dapat menentukan cara yang digunakan dalam memberikan pelatihan pada teman. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan diawali dengan persiapan membuat modul yang menarik oleh guru. Kemudian peserta didik dibagi menjadi kelompok-kelompok kecil yang heterogen, sebanyak sub-sub materi yang akan disampaikan guru. Peserta didik yang pandai disebar dalam setiap kelompok dan bertindak sebagai tutor sebaya. Masing-masing kelompok diberi tugas mempelajari satu sub materi yang ada dalam modul. Setiap kelompok dibantu oleh peserta didik yang pandai sebagai tutor sebaya. Kemudian mereka diberi waktu yang cukup untuk persiapan, baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Pada akhirnya setiap kelompok melalui wakilnya menyampaikan sub materi sesuai dengan tugas yang telah diberikan, namun guru tetap bertindak sebagai nara sumber utama.

Baca juga:   Book Game Melecutkan Kemampuan Memahami Bacaan Bahasa Inggris

Metode tutor sabaya berbantuan modul menjadi penyelesaian yang menarik dan menyenangkan bagi peserta didik. Jika peserta didik senang dalam pembelajaran, maka diharapkan nilai pengetahuan dan keterampilan pun meningkat. (on1/ton)

Guru Matematika SMKN 1 Tengaran Kab. Semarang

Author

Populer

Lainnya