Blanded Learning, Solusi Pembelajaran Era Tansisi Pandemi Covid-19

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Surat Keputusan Bersama (SKB) 4 kementerian terkait pelaksanaan proses belajar mengajar tahun 2020-2021 tertanggal 15 Juni 2020, telah ditetapkan tahun ajaran baru 2020/2021 untuk pendidikan usia dini, pendidikan dasar dan pendidikan menengah akan dimulai pada Juli 2020.

Sesuai SKB tersebut, pembelajaran tatap muka hanya boleh dilakukan pada satuan pendidikan yang berada pada zona hijau. Sedangkan satuan pendidikan yang berada dalam zona kuning, orange dan merah dilarang melakukan pembelajaran tatap muda dan tetap melanjutkan kegiatan belajar dari rumah (BDR).
MAN 1 Cilacap menurut Gugus Tugas Penanganan Covid 19 belum termasuk sebagai satuan pendidikan di wilayah zona hijau. Oleh karena itu, pada tahun ajaran baru 2020/2021 ini MAN 1 Cilacap masih tetap akan melaksanakan pembelajaran jarak jauh sebagaimana dimaksud dalam SKB 4 Kementerian dengan modifikasi model pembelajaran blanded learning.

Dalam evaluasi pembelajaran jarak jauh selama semester genap tahun ajaran 2019/2020 yang lalu, pembelajaran jarak jauh di MAN 1 Cilacap hanya dapat dikuti oleh sebagian kecil siswa karena adanya keterbatasan penggunaan alat komunikasi elektronik bagi siswa yang berada di lingkungan pondok pesantren dan siswa yang berada pada daerah yang tidak terjangkau sinyal internet.

Untuk mengantisipasi hal tersebut terulang, MAN 1 Cilacap melakukan pembelajaran model blanded learning. Dengan pembelajaran model blanded learning ini diharapkan dapat menjadi alternatif solusi bagi siswa siswa yang mengalami kesulitan belajar daring karena faktor teknis di atas.
Blended learning ini sering pula disebut dengan hybrid learning pada prinsipnya adalah memanfaatkan kekuatan pembelajaran tatap muka dan online sekaligus menutupi kelemahan-kelemahan dalam masing-masing pembelajaran. Pembelajaran tatap muka mempunyai kelebihan dan tidak dapat digantikan dengan pembelajaran jarak jauh, begitu pula sebaliknya.

Baca juga:   Belajar Bahasa Inggris Lebih Asyik dengan Musik

Kelebihan pembelajaran tatap muka, selain sebagai alternatif belajar bagi siswa yang terkendala teknis dengan peralatan komunikasi elektronik pembelajaran daring, juga memiliki beberapa kelebihan. Antara lain mendorong siswa giat belajar. Dan yang paling utama terciptanya komunikasi antara guru dan siswa sehingga mendorong partisipasi guru dan siswa dalam pembelajaran. Komunikasi guru dan siswa inilah yang menjadi esensi paling utama kegiatan pembelajaran yang sesungguhnya. Namun kelemahannya, siswa merasa terjejali dengan materi, terbiasa disuapi oleh guru, hal ini akan mematikan semangat dan motivasi belajar dari siswa.

Di sisi lain, pembelajaran online memacu semangat dan memotivasi siswa untuk belajar. Baik belajar menguasai teknologi maupun ilmu pengetahuan yang mereka butuhkan. Dengan demikian, diperlukan pembelajaran yang sifatnya mengombinasikan pembelajaran tatap muka dan online. Model ini adalah pembelajaran blanded learning.

MAN 1 Cilacap tetap berusaha mewujudkan pendidikan yang berkualitas bagi masa depan anak bangsa dengan tetap memperhatikan faktor keselamatan dan kesehatan siswa dan tenaga pengajar. Maka, model pembelajaran blanded learning ini diharapkan dapat menjembatani kelemahan pembelajaran yang sedang terjadi saat ini khususnya di lingkungan pendidikan madrasah yang terkendala faktor teknis alat pembelajaran daring.
Pembelajaran daring masih tetap akan dilaksanakan dengan porsi yang lebih besar dibandingkan pembelajaran tatap muka karena masih dalam pandemi Covid-19. Pembelajaran daring akan tetap dilaksanakan dengan menggunakan aplikasi pembelajaran online yang sudah disediakan seperti e-learning Man 1 Cilacap, ataupun menggunakan google class room dan grup WA.

Baca juga:   Menulis Cerpen, Yuk!

Sedangkan pembelajaran tatap mukanya direncanakan dilakukan sesuai ketentuan dan protokol kesehatan Covid-19. Setiap kelas hanya dihadiri 18 siswa dengan durasi pembelajaran sekitar 4 jam pelajaran tanpa jeda istirahat.

Model pembelajaran blanded learning ini diharapkan dapat dilaksanakan di lingkungan madrasah setelah mendapatkan izin dari pemerintah setempat dan diharapkan juga dapat menjadi solusi pemecahan masalah bagi siswa yang terkendala peralatan pembelajaran daring. Tetap semangat belajar dalam segala kondisi. Tetap semangat dan selalu jaga kesehatan. Salam pembelajar tak pernah henti. (on2/lis)

Guru Ekonomi MAN 1 Cilacap

Author

Populer

Lainnya