Upgrade Kompetensi TIK Guru untuk Layanan Pembelajaran Jarak Jauh

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI Covid-19 yang sedang melanda dunia, termasuk di Indonesia memberikan dampak terhadap dunia pendidikan, khususnya proses pembelajaran dan peningkatan mutu pendidikan bagi guru dan peserta didik. Era pembelajaran tatap muka langsung berganti dengan pembelajaran online. Upgrade metode dari tatap muka langsung menuju model daring (online) membutuhkan persiapan yang matang dalam menunjang suksesnya peningkatan mutu pendidikan di era pandemi covid-19.
Begitu minimnya kualitas tenaga pendidik (guru) dalam pemanfaatan TIK (Teknologi Informasi dan Komunikasi) terlihat ketika dunia pendidikan harus berbenah dan meninggalkan model pembelajaran tatap muka langsung. Untuk menunjang layanan pendidikan di tengah pandemi covid-19 ini, maka guru harus meningkatkan layanan pendidikan melalui pembelajaran jarak jauh dengan metode daring (online), disesuaikan dengan kemampuan penguasaan TIK guru, yang mana rata-rata kualitas kompetensi TIK guru masih dibawah standar.

Solusi pembelajaran jarak jauh di SMAN 6 Semarang dengan metode daring online ditengah pandemi covid-19 diharapkan mampu meningkatkan kemampuan TIK guru dan peserta didik, sekaligus mempercepat proses transfer pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik secara cepat, efisien, dan fleksibel tanpa mengurangi esensi model pembelajaran yang ada di kelas tradisional (klasikal).

Baca juga:   Membangun Sinergi Sekolah dan Orangtua di Masa Pandemi

Tujuan upgrade kompetensi TIK guru diharapkan dapat memperlancar proses pembelajaran jarak jauh (online) yang notabene harus menggunakan perangkat teknologi informasi yang memadai, serta kualitas guru sebagai subjek pembelajaran. Peningkatan kompetensi TIK pendidik di semua jenjang untuk menggunakan aplikasi pembelajaran jarak jauh mutlak dilakukan. Memang jumlahnya sangat banyak, untuk memastikan sekitar 3 jutaan guru di Indonesia memiliki kompetensi yang memadai dalam memanfaatkan teknologi tentu bukan perkara mudah.

Aspek-aspek kompetensi yang harus dimiliki guru, berkaitan dengan TIK adalah pada kompetensi pedagogik adalah pemanfaatan teknologi pembelajaran, dan pada kompetensi sosial adalah menggunakan teknologi komunikasi dan informasi secara fungsional. Dengan demikian, penguasaan (pemanfaatan) TIK oleh guru dalam pembelajaran sangat penting. Tetapi tidak semua guru dapat menguasai dan memanfaatkannya. Oleh karena itu, kemajuan tersebut harus diikuti dengan pengembangan sumber daya tenaga pendidik. Untuk menunjang pengembangan tersebut, dibutuhkan juga fasilitas atau sarana yang berhubungan dengan teknologi, informasi dan komunikasi.
Peningkatan kompetensi TIK guru memberikan daya dukung terhadap layanan pembelajaran jarak jauh (online) yang memiliki konsep, dimana peserta didik dapat belajar dimana saja dan kapan saja, serta tidak ada batasan ruang dan waktu. Karena semua konten dan proses belajar bisa diakses menggunakan PC/Laptop atau Smartphone dengan syarat perangkat PC/Laptop atau Smartphone terhubung dengan internet. Pembelajaran jauh jauh berbasis online menjadikan peserta didik menjadi lebih aktif dan lebih mandiri dalam proses belajar mengajar.

Baca juga:   Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) Kimia Asyik dengan Jamboard

Pandemi covid-19 memberikan dampak positif terhadap peningkatan kompetensi TIK guru, karena pada saat inilah dunia pendidikan dituntut untuk menyediakan layanan pendidikan jarak jauh (online) kepada peserta didik. Semua sekolah dapat dipastikan akan mengeksplorasi kemampuan guru dalam mendukung perubahan layanan pendidikan klasikal (tradisional) menuju layanan pendidikan digital (online).

Siapa yang tidak mau dan tidak mampu dalam perubahan metode pembelajaran ini, tentunya akan semakin tertinggal dan menghambat program sekolah dalam merealisasikan layanan pendidikan digital jarak jauh (online). Jadi, jelaslah bahwa posisi strategis guru untuk meningkatkan mutu hasil pendidikan di jaman modern ini sangat dipengaruhi oleh kemampuan profesional. Kemampuan profesional guru sangat didukung oleh penguasaan guru terhadap teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Kemampuan guru dalam penguasaan teknologi informasi dan komunikasi menjadi garda terdepan dalam peningkatan mutu layanan pendidikan ditengah pandemi covid-19. (dj1/zal)

Guru TIK SMAN 6 Semarang

Author

Populer

Lainnya