Pembelajaran Penerapan dan Instalasi Sistem Audio Saat Pandemi Covid19

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Metode pembelajaran pada kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 tidak membosankan. Guru bisa menggunakan pembelajaran secara daring yaitu pembelajaran jarak jauh dengan metode aplikasi Google Meet. Siswa dan guru dapat berinteraksi langsung dalam wadah pembelajaran aplikasi ini. Di vicon ini siswa dapat bertatap muka dengan guru maupun siswa lainnya. Guru dapat menerangkan dan menjelaskan materi pembelajaran secara langsung kepada siswa. Dan siswa dapat juga menanyakan langsung pada guru tentang materi pelajaran yang disampaikan melalui layar android maupun laptop.

Sebelum pembelajaran penerapan dan instalasi sistem audio guru mengajak siswa teknik audio video untuk mengunduh terlebih dahulu google meet lewat akun google masing-masing anak. Guru memberikan tutorial cara mengunduh google meet baik lewat video yang dibuat guru itu sendiri maupun lewat PPT yang dikirimkan pada siswa.
Guru memastikan semua siswanya sudah mengunduh google meet. Selanjutnya guru memulai membuat flayer yang menarik dan mengajak siswanya untuk mengikuti vicon pada hari, tanggal, dan jam yang sudah ditentukan. Dalam vicon itu guru juga dapat berkolaborasi dengan guru lain. Guru juga membuat narasi dari flayer sehingga siswa mudah mengingat dan tertarik untuk mengikuti vicon tersebut.

Baca juga:   Asyik Belajar Reklame dengan EFO-HP

Guru juga memberikan link dan password yang akan digunakan pada saat vicon, sehingga siswa dengan mudah masuk pada video meet atau video conference.
Di dalam kegiatan vicon guru bisa mengajak guru lain untuk berkolaborasi. Guru menjadi host yang bertugas membuka dan menutup acara vicon, serta moderator yang bertugas sebagai pemandu acara selama vicon berlangsung.

Sedangkan guru mata pelajaran menjadi presenter yang tugasnya menyampaikan materi. Dalam penyampaian materi guru bisa menampilkan materi dengan print screen menggunakan power point. Ajak siswa mengamati video pembelajaran penerapan dan instalasi sistem audio kelas XI TAV-1 SMK Negeri 3 Semarang. Setelah siswa mendengarkan dari presenter selaku guru mata pelajaran, siswa juga mengamati video yang ditayangkan, selanjutnya guru yang bertugas sebagai moderator dapat menyampaikan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan presenter.

Siswa dapat menyampaikan pertanyaan langsung pada vicon tersebut dan guru bisa langsung menjawab pertanyaan yang disampaikan siswa. Sehingga google meet ini menggambarkan kegiatan pembelajaran tetapi jarak jauh. Siswa bisa langsung saling mengutarakan dan menanggapi permasalahan yang ada pembahasan materi penerapan dan instalasi sistem audio di kelas XI TAV-1 SMK Negeri 3 Semarang. Dalam pembahasan pembelajaran penerapan dan instalasi sistem audio guru memberikan materi lewat teks maupun power point serta materi video merakit power amplifier TDA 2003 yang langsung dapat diikuti siswa satu kelas. Sehingga pembelajaran ini bisa berlangsung aman, nyaman dan menyenangkan di situasi pandemi Covid-19.

Baca juga:   Tingkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan SAVI dan Tutor Sebaya

Untuk mengecek kehadiran siswa satu kelas guru dapat memberikan link daftar hadir lewat Zoho Form. Siswa dapat mengisi daftar hadir sekalian bisa tanda tangan di kolom tanda tangan masing-masing. Kemudian untuk memberikan evaluasi setelah pembelajaran guru dapat memberikan materi-materi soal lewat Google Form berupa soal-soal pilihan ganda yang dapat dijawab dengan mencentang jawaban yang benar tentang pelajaran penerapan dan instalasi sistem audio perakitan amplifier TDA 2003, dan dapat dilakukan setelah vicon selesai dan ditutup. Metode pembelajaran ini bisa dilaksanakan sesuai kompetensi dasar penerapan dan instalasi sistem audio yang ada di kurikulum dan silabus teknik audio video selama pandemi belum mereda. (dj1/lis)

Guru Elektronika SMKN 3 Semarang

Author

Populer

Lainnya