Media Bangru Mudahkan Siswa Hitung Luas Permukaan Bangun Ruang

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MATA pelajaran matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dikuasai siswa jika dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Siswa juga kurang menyenangi dan takut apabila mengikuti mata pelajaran tersebut. Terkadang guru dalam menyajikan pembelajaran matematika masih terlihat monoton dan mendominasi pembelajaran sehingga siswa menjadi pasif. Akibatnya hasil belajar siswa rendah, Hai ini juga terjadi di kelas VI SDN 1 Ketapang kecamatan Kendal. Siswa mengalami kesulitan terutama dalam materi menghitung luas permukaan bangun ruang. Siswa mengalami kejenuhan dan terlihat ramai tidak memperhatikan materi yang disampaikan guru. Kemudian guru mencari solusi pemecahannya untuk mengatasi masalah melalui Media Bangru. Media Bangru adalah kepanjangan dari bangun ruang.

Media adalah segala sesuatu yang dapat digunakan untuk menyalurkan pesan dari pengirim ke penerima, sehingga dapat merangsang pikiran, perasaan, perhatian, dan minat siswa, diharapkan hasil siswa belajar dapat ditingkatkan setelah menggunakan media. Menurut Arif. S. Sadiman (1999:6) yang mengutip pendapat Gagne menyebut bahwa media adalah berbagai jenis komponen dalam lingkungan siswa yang dapat merangsangnya untuk belajar.
Bangun ruang (bangru) adalah sejenis benda ruang beraturan yang memiliki rusuk, sisi dan titik sudut. Media bangun ruang menyerupai kotak, bentuk berongga, dan memiliki kerangka. Penggunaan media bangun ruang dalam pembelajaran matematika dapat membantu guru menjelaskan hal yang bersifat abstrak menjadi lebih konkrit sehingga siswa mudah belajar matematika.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Bangun Ruang dengan Media Papercraft

Menurut Sartono Wirodikromo (2:2003) mendefinisikan kubus, balok, dan tabung sebagai berikut: Kubus yaitu sebuah benda ruang yang dibatasi oleh 6 bidang datar yang masing-masing berbentuk persegi yang sama dan sebangun atau kongruen. Yang mempunyai 6 sisi 12 rusuk dan 8 titik sudut serta diagonalnya sama panjang. Balok yaitu sebuah benda ruang yang dibatasi oleh 6 sisi datar yang masing-masing berbentuk persegi panjang yang terdiri dari mempunyai 6 sisi 12 rusuk dan 8 titik sudut. Tabung yaitu sebuah benda ruang yang dibatasi oleh 2 sisi datar yang berbentuk lingkaran dan 1 sisi lengkung yang berbentuk persegi panjang.

Langkah langkah guru dalam mengajarkan materi luas permukaan bangun ruang sebagai berikut: Guru menunjukkan model bangun ruang. Siswa mengamati model bangun ruang berongga, dan mode kerangka yang ditunjukkan oleh guru. Guru bersama siswa memberi nama bangun ruang. Guru menggunankan media bangun ruang berongga untuk menunjukkan sisi. Guru menggunakan model kerangka untuk menunjukkan rusuk dan siswa. Guru bersama siswa menghitung sisi, rusuk, dan titik sudut bangun ruang, seperti bangun ruang kubus, balok, dan tabung. Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok. Guru memberikan tugas kelompok untuk mengukur pada model bangun ruang pada : rusuk, panjang, lebar, tinggi, jari-jari dan diameter. Secara tugas kelompok siswa mencari luas sisi bangun ruang. Guru membimbing siswa mencoba menemukan rumus luas permukaan kubus, balok, dan tabung. Guru membimbing siswa menggunakan rumus-rumus dengan memberikan latihan-latihan.

Baca juga:   Kenalkan Teknik Uitemate pada Siswa ketika di Daerah Rawan Bencana

Setelah guru menggunakan media Bangru dalam mengajarkan materi luas permukaan bangun ruang di kelas VI ternyata pemahaman siswa lebih meningkat dan hasil belajar siswa pada akhir pembelajaran. Siswa juga mengetahui rumus luas permukaan pada bangun ruang balok, kubus, dan tabung. (dj1/zal)

Guru SDN 1 Ketapang kecamatan Kendal

Author

Populer

Lainnya