Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa saat Pandemi Covid-19

Oleh: Nanik Dwihastuti, S.Pd, M.Si

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MOTIVASI adalah hasrat, dorongan dan kebutuhan seseorang untuk dapat melakukan aktivitas tertentu. Sehingga motivasi diartikan sebagai kekuatan yang mendorong tindakan menuju suatu tujuan. Motivasi belajar dalam diri seseorang akan menimbulkan gairah atau meningkatkan semangat dalam belajar. Tujuan layanan Bimbingan konseling bermuara pada peningkatan prestasi belajar dan membentuk perilaku yang berkaitan dengan prestasi belajar siswa. Seperti yang diterapkan di SMPN 36 Semarang. Belajar bagi siswa merupakan hal yang penting, yang menjadi masalahnya adalah siswa sekarang cenderung malas untuk belajar dan memilih untuk melakukan aktifitas lain yang menurut mereka lebih menarik.

Siswa yang malas belajar tentu memiliki alasan yang berbeda-beda, ada yang merasa lelah terhadap pelajaran karena nilainya anjlok terus, ada yang tidak memiliki semangat untuk belajar, dan ada pula yang susah untuk berkonsentrasi ketika disuruh belajar. Apalagi saat pandemi Covid-19 akan banyak berbagai alasan yang dilakukan siswa. Covid -19 telah menjadi pademi, sehingga pemerintah di berbagai negara telah menerapkan lockdown atau karantina. Pemerintah Indonesia telah menghimbau untuk tetap di dalam rumah dan mengisolasi diri. Pemerintah Indonesia menerapkan aturan PSBB yang merupakan singkatan dari Pembatasan Sosial Berskala Besar yang dibuat dalam rangka Penanganan Covid-19 .
Hal ini dilakukan dengan harapan virus tidak menyebar lebih luas dan upaya penyembuhan dapat berjalan maksimal. Dalam usaha pembatasan sosial ini pemerintah indonesia telah membatas kegiatan diluar rumah seperti kegiatan pendidikan yang telah dilakukan secara online melalui pembelajaran online. Pembelajaran online dilakukan dengan memanfaatkan teknologi khususnya internet. Pembelajaran online dilakukan dengan sistem belajar jarak jauh, dimana Kegiatan Belajar dan Mengajar (KBM) tidak dilakukan secara tatap muka.
Pada pembelajaran online, peserta didik dapat menjadi kurang aktif dalam menyampaikan aspirasi dan pemikirannya, sehingga dapat mengakibatkan pembelajaran yang menjenuhkan. Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan menggerakan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar . Semangat belajar dapat dimiliki dengan meningkatkan motivasi belajar. Motivasi belajar adalah sebuah penggerak atau pendorong yang membuat seseorang akan tertarik kepada belajar sehingga akan belajar secara terus-menerus. Motivasi yang rendah dapat menyebabkan rendahnya keberhasilan dalam belajar sehingga akan merendahkan prestasi belajar siswa

Baca juga:   Layanan Konseling Individu di Masa Pandemi melalui Google Forms

Seorang siswa yang mengalami kejenuhan dalam belajar akan memperoleh ketidakmajuan dalam hasil belajar. Oleh karena itu, diperlukan pendorong untuk menggerakkan siswa agar semangat belajar sehingga dapat memiliki prestasi belajar. Di dalam kondisi yang seperti inilah peran guru Bimbingan Konseling sangat dibutuhkan pemahaman dan kreatifitas terhadap siswa dalam memberikan motivasi siswa. agar dalam pembelajaran onlinenya siswa menjadi menarik perhataian dan motivasi siswa dalam mengikuti tahapan pembelajaran online menjadi lebih semangat. Pemilihan pendekatan dan model pendekatan yang tepat, serta dukungan berbagai pihak menentukan keberhasilan pembelajaran online. (ips1/zal)

Guru Bimbingan Konseling SMPN 36 Semarang

Author

Populer

Lainnya