Membuat Poster Lebih Mudah dengan Aplikasi Canva

spot_img

RADARSEMARANG.ID, KEMAMPUAN siswa kelas VIIID SMP Negeri 8 Salatiga dikategorikan siswa yang memiliki kemampuan berpikir rata-rata, kurang memiliki greget dalam mengetahui sesuatu dan kemampuan berinovasi dan berkreasinya tergolong biasa. Apalagi dalam materi penugasan pembuatan poster, siswa dibebaskan menentukan tema apasaja yang akan mereka buat dan izinkan menggunakan aplikasi apa saja yang mereka pahami. Di antaranya ada yang menggunakan Microsoft Office Word, Paint. Dalam pembuatannya merasa terlalu kaku dan kurang kreatif.

Karena itu, penulis menerapkan aplikasi Canva. Sebuah tools untuk desain grafis yang menjembatani penggunanya agar dapat dengan mudah merancang berbagai jenis desain kreatif secara online. Mulai dari mendesain kartu ucapan, poster, brosur, infografik, hingga presentasi. Aplikasi Canva saat tersedia dalam beberapa versi, Web, iPhone, dan Android.

Setelah membagikan sedikit tentang Canva, ada beberapa siswa kelas VIIID yang ingin mencoba, penasaran dan ingin memakai aplikasi tersebut. Tapi ada siswa yang masih cuek dan tetap melanjukan pembuatan poster dengan aplikasi yang ada di komputer sekolah.

Baca juga:   Video Editing dengan Smartphone, Tingkatkan Keterampilan Siswa

Untuk menggunakan aplikasi Canva, harus memiliki akun terlebih dulu dengan melakukan sign up (mendaftar). Cara mendaftar, kunjungi https://www.canva.com. Ada beberapa pilihan untuk Facebook, Gmail maupun registrasi dengan mengisi data pribadi untuk membuat akun Canva. Semua siswa telah memiliki Facebook dan Gmail, tentu tidak ada kendala dalam mendaftarkan akun Canva.

Setelah berhasil masuk akun Canva, beberapa siswa mencoba menjelajahi beberapa fitur yang disediakan oleh Canva. Fitur tersebut di antaranya adalah, Kiriman Instagram, Video, Logo, Cerita Instagram, Poster, Kartu Nama, Label, Undangan, Kolase Foto, Kartu, Selebaran, Pengumuman, Status Whatsapp, Sampul Facebook, Resume dan masih ada lagi lainnya. Beberapa siswa yang mencoba memakai aplikasi Canva terlihat senyum, enjoy dan semakin penasaran.

Materi pembelajaran adalah membuat poster mereka memilih fitur membuat poster. Alangkah terkejut dan bahagianya, ketika siswa diberikan pilihan untuk memakai templet yang disediakan. Hal ini memudahkan dan mempercepat siswa membuat Poster. Saat mereka memilih fitur poster, ada tema yang sudah disediakan Canva dan bisa memilihnya. Tema tersebut di antaranya adalah Poster Sekolah, Poster Motivasi, Poster Musik, Poster Periklanan, Poster Ulang Tahun, Poster Olah Raga dan masih banyak lagi. Setelah memilih tema, siswa tinggal mengklik templet mana yang menarik. Tinggal menambahkan tulisan untuk poster tersebut dan akhirnya jadilah poster secera cepat dan mudah sesuai yang mereka kehendaki. Tidak harus dengan ribet mendesainnya.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Teknik Penelusuran Search Engine dengan Metode Take and Give

Siswa lain yang belum memakai aplikasi Canva mulai tertarik menggunakannya dan mencoba ikut mengelola poster dengan aplikasi Canva. Mereka mencoba menyelesaikan penugasan pembuatan poster dengan aplikasi Canva. Bahkan akan membuat kembali poster-poster lain yang lebih menarik sesampai di rumah dengan smartphone. (ips1/ida)

Guru TIK SMP Negeri 8 Salatiga

Author

Populer

Lainnya