Memahami Sistem Peredaran Darah Manusia melalui Metode NHT

spot_img

RADARSEMARANG.ID, MATERI peredaran darah manusia memiliki cakupan yang cukup luas dan tingkat kesulitan yang cukup tinggi, sehingga peserta didik cukup kesulitan untuk menguasai dan memahami materi tersebut. Oleh karenanya perlu upaya untuk membantu peserta didik dalam pembelajaran materi peredaran darah manusia. Guru harus memahami strategi ataupun metode mengajar dengan berbagai karakteristiknya sehingga mampu memilih metode mengajar yang tepat dan mampu menggunakan metode tersebut yang bervariasi sesuai dengan tujuan maupun kompetensi yang diharapkan. Pada materi peredaran darah manusia upaya yang dilakukan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik kelas VIII di SMP N 1 Kedungwuni dengan menggunakan metode pembelajaran koooperatif numbered head together (NHT).
Metode pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) adalah suatu metode pembelajaran yang dilandasi oleh toeri belajar kontruktivis . Numbered Head Together (NHT) merupakan pendekatan pembelajaran kooperatif yang telah dikembangan oleh Spenser Kagan. Dalam pembelajaran kooperatif ini peserta didik mengkonstruksi pengetahuan dalam dirinya melalui interaksi aktif dengan teman teman dan kelompok belajarnya. Metode NHT memungkinkan bagi peserta didik pada setiap kelompok untuk ikut serta memberikan ide-idenya membantu menyelesaikan masalah yang diberikan oleh guru. Di metode ini guru dalam persiapan selain membuat lembar kerja peserta didik (LKPD ) juga membuat mahkota nomer untuk peserta didik.

Baca juga:   Mudah Belajar Organ Gerak Hewan dan Manusia dengan Video Presentasi

Langkah-langkah pembelajaran kooperatif NHT yaitu (1) Persiapan, dalam tahap ini guru membuat skenario pembelajaran, (2) Membentuk kelompok disesuaikan dengan pembelajaran kooperatif NHT, (3) Tiap kelompok menyiapkan jawaban atas pertanyaan guru dan soal-soal pada LKPD, tiap kelompok harus memiliki buku paket atau buku penunjang, (4) Diskusi masalah dengan cara kerja kelompok, peserta didik berfikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa tiap orang mengetahui jawaban pertanyaan guru dalam LKPD, pertanyaan dapat bervariasi dari yang bersifat spesifik sampai bersifat umum, (5) Memanggil nomor dari salah satu anggota atau pemberi jawaban, dalam tahap ini guru menyebut satu nomor dan para peserta didik dari nomer yang sama mengangkat tangan dan menyiapkan jawaban kepada peserta didik di kelas. (6) Kesimpulan dan evaluasi, guru bersama peserta didik menyimpulkan jawaban akhir dari semua pertanyaan yang berhubungan dengan materi yang di sajikan.

Dengan metode pembelajaran NHT menekankan peserta didik untuk saling bekerja sama dalam kelompok dan mengharuskan untuk terlibat aktif dalam proses pembelajaran. Dengan demikian pembelajaran metode NHT dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik SMPN 1 Kedungwuni. Metode NHT juga menghapus pandangan bahwa materi sistem peredaran darah manusia susah dipahami. Disini peserta didik justru termotivasi belajar, merasakan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan serta mudah dipahami. (dar1/zal)

Baca juga:   Bahan Alami Optimalkan Peran Guru dalam Penguasaan Konsep IPA Siswa di Masa PJJ

Guru SMPN 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya