Penilaian Asyik dan Menarik dengan Quizizz

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di dalam kegiatan belajar mengajar seorang guru harus melakukan penilaian atau evaluasi setelah materi yang disampaikan telah selesai. Penilaian (evaluasi) bertujuan untuk mengukur persentase penguasaan siswa terhadap materi pelajaran yang diajarkan. Bentuk penilaian yang dilakukan tidak hanya berpatokan pada penilaian tertulis yang dijawab oleh siswa dengan tulisan atau pun penilaian lisan yang dijawab dengan lisan.

Sistem penilaian yang baik akan mampu memberikan gambaran tentang kualitas pembelajaran sehingga mampu membantu guru merencanakan strategi pembelajaran. Bagi siswa sendiri, sistem penilaian yang baik akan memberikan motivasi untuk selalu meningkatkan kemampuannya.

Quizizz merupakan salah satu aplikasi untuk membuat permainan yang interaktif tetapi bisa dikaitkan dengan materi pelajaran. Dalam penggunaannya, quizizz dibagi ke dalam dua bagian yaitu host (pembuat soal)/guru dan user (siswa) yang bergabung (join) untuk menjawab soal-soal yang sudah dibuat oleh host (pembuat soal)/guru.
Akses yang diberikan kepada user/siswa hanya berupa pengerjaan soal dan pilihan jawaban yang harus dijawab. Selama menjawab user/siswa bisa melihat skor/nilai dalam bentuk persentase. Kuis interaktif ini memiliki 5 pilihan jawaban termasuk jawaban yang benar (kuiz pilihan ganda). Bisa juga menambahkan gambar latar belakang pertanyaan dan menyesuaikan dengan pengaturan pertanyaan. Bila soal kuiz sudah jadi, soal tersebut dapat dibagikan kepada siswa dengan menggunakan 5 atau 6 digit kode yang dihasilkan saat mau membagikan kepada siswa.

Baca juga:   Lebih Asyik Belajar Bahasa Inggris dengan Quizizz di Masa Pandemi Covid 19

Berikut langkah-langkah penilaian dengan quizizz: pertama, persiapan pembelajaran dengan membuat akun dan soal di quizizz dengan masuk ke www.quizizz.com lalu sign up, masukkan akun google atau email kita. Pilih peran sebagai (pembuat soal)/guru dan lengkapi data, klik open quiz creator isikan nama kuis kemudian buatlah pertanyaan, pilihan jawaban, dan mengatur jawaban yang benar, “Question preview” akan menampilkan soal yang sudah dibuat, bisa menambahkan soal baru dan klik finished bila sudah selesai, pilih grade atau tingkatan kelas berapa, subjek atau mata pelajaran, klik finish and create quiz. Tampilkan kuis secara langsung di kelas atau untuk pekerjan rumah (PR), setting kuis dan klik proceed. Kedua, pelaksanaan pembelajaran dengan memberikan kuis kepada siswa dengan cara klik live game, soal dan pilihan jawaban bisa diacak dan disetting waktunya. Minta siswa klik join.quizizz.com di browser HP masing-masing untuk mengerjakan soal bisa juga dengan klik aplikasi quizizz yang sudah diinstall melalui playstore dengan memasukkan kode game dan nama mereka. Siswa yang telah bergabung akan terlihat di layar laptop host (pembuat soal)/guru.

Data dan statistik hasil pekerjaan siswa dapat didownload dan digunakan oleh guru sebagai data hasil penilaian. Kuis ini bisa menjadi pekerjaan rumah (PR) bagi siswa dan memiliki batas maksimal dua minggu dalam pengerjaannya. Kuis juga dapat dimainkan oleh siswa kapan saja dan di mana saja serta tidak melebihi batas waktu yang telah ditentukan. Di akhir pekerjaannya siswa dapat mengetahui peringkat yang didapat dari keseluruhan siswa yang mengerjakan soal tersebut. Siswa juga mengetahui soal dan jawaban yang betul dari soal yang telah dikerjakannya serta tidak dapat mencontek, karena soal yang diberikan kepada siswa satu dengan yang lainnya telah diacak.

Baca juga:   Efektivitas Quizizz dalam Penilaian Multiple Choice

Terlepas dari kekurangan dan kelebihannya, aplikasi Quizizz ini dapat digunakan sebagai aplikasi alternatif bagi guru untuk melaksanakan penilaian harian. Aplikasi ini cukup mudah dioperasikan guru saat bertindak sebagai host (pembuat soal)/ maupun user/siswa pada saat mengerjakan soal. Guru harus terus meningkatkan pengetahuan dan teknik mengajarnya. Memaksimalkan gawai pintar untuk mengakses informasi sebanyak-banyaknya agar tidak kalah tahu dibandingkan siswanya. Guru zaman now harus bisa menjadi role model dan berpegang teguh pada nilai-nilai kearifan lokal, namun harus tetap terbuka dan memiliki pemikiran yang tidak konvensional. Selamat mengajar dan mendedikasikan diri sebagai guru yang teladan dan terdepan. (gm2/lis)

Guru SDN 1 Adiluhur

Author

Populer

Lainnya