Quipper School Mudahkan Guru dan Siswa Belajar Daring

spot_img

RADARSEMARANG.ID, QUIPPER School adalah learning management system tanpa biaya (gratis). Ini disediakan Quipper Indonesia untuk membantu guru dan siswa agar dapat melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara efektif secara online. Sama halnya pembelajaran di sekolah, guru berperan sebagai fasilitator dalam mengelola materi, melaksanakan tes atau ujian, serta melihat perkembangan siswa. Siswa pun dapat dengan mudah mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, hingga ujian secara online.

Melalui platform ini, guru dapat mengirim dan mengelola materi pembelajaran, ujian, serta nilai. Siswa dapat mengerjakan pekerjaan rumah, tugas, dan ujian secara online dengan mudah.

Agar kegiatan belajar mengajar dengan Quipper School dapat menjadi lebih efektif. Mari mulai mengetahui fitur-fitur apa saja yang terdapat dalam learning management system Quipper School. Berikut 3 fitur (portal) utama Quipper School, pertama, QLink (Portal Guru). Portal ini diperuntukkan untuk membantu guru mengelola kelas dengan mengirimkan tugas dan materi yang akan diberikan kepada siswa. Selain itu, guru akan mendapatkan kemudahan dalam mengelola nilai siswa, hasil pekerjaan siswa secara otomatis tanpa harus mengoreksi setiap jawaban siswa secara manual.

Baca juga:   Daring Menyenangkan dengan Crossword Puzzle

Kedua, QCreate (Portal Pembuatan Konten). Masih untuk guru, fitur ini memberikan keleluasaan guru dalam pembuatan soal ataupun materi sesuai dengan kebutuhan. Bahkan dapat dipublikasikan pada akun Quipper pribadinya. Ketiga, QLearn (Portal Siswa). Berbeda dengan portal sebelumnya, portal QLearn diperuntukkan khusus untuk siswa dalam mengerjakan tugas dan menerima materi yang diberikan guru.

Merebaknya kasus pandemi Covid-19 sejak Desember 2019 sampai saat ini, mengharuskaan semua proses kegiatan belajar mengajar bagi peserta didik dilakukan di rumah. Guna meminimalisir kontak fisik secara masal sehingga memutus mata rantai penyebaran virus. Pemerintah juga mengambil kebijakan pembelajaran jarak jauh dengan media daring (dalam jaringan), baik menggunakan ponsel, PC, atau laptop.

Dari sinilah kemudian muncul aplikasi pembelajaran online salah satunya Quipper School Indonesia sebagai aplikasi terlengkap dalam menampilkan konten-konten materi pembelajaran sesuai kurikulum yang digunakan sekolah (Kurikulum 2013 ataupun 2006). Bahkan guru dimudahkan dengan adanya fitur penilaian dan analisis hasil belajar siswa yang bisa diunduh dan langsung dikirim melalui email guru.

Baca juga:   Belajar Daring Tanpa Boring

Sejak pertama kali menjadi ambassador Quipper School Indonesia dan menerapkan dalam kegiatan belajar mengajar di SMAN 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan, banyak kelebihan yang diperoleh. Apalagi di saat pandemi covid-19 ini, siswa dan guru sangat terbantu dengan aplikasi Quipper School Indonesia.
Bahkan banyaknya tugas dari guru, seringkali menjadi keluhan dalam pembelajaran daring. Beban belajar peserta didik tentunya harus diperhitungkan, terukur, baik secara materi maupun waktu. Tentunya perlu diingat bahwa pembelajaran di kelas tidak setiap saat diisi dengan tugas atau mengerjakan soal dalam jumlah banyak. Guru bisa memberikan tugas mengamati, mencoba, dan menganalis, sehingga lebih menarik dan menantang.

Keberhasilan pembelajaran daring tersebut perlu adanya kerjasama sinergis antara guru, sekolah, orang tua, dan peserta didik. Sekolah perlu menaruh kepedulian kepada orang tua peserta didik yang tidak mampu membeli kuota atau tidak memiliki ponsel memadai dengan memfasilitasi, agar pembelajaran daring bisa berjalan optimal. (dar2/ida)

Guru SMAN 1 Kesesi Kabupaten Pekalongan dan Ambassador Quipper School Indonesia

Author

Populer

Lainnya