Pembelajaran Listening di Tengah Pandemi melalui Podcast

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sejak pertengahan Maret 2020, siswa diharuskan untuk belajar di rumah masing-masing dikarenakan adanya sebuah pandemi Covid-19yang menyerang sistem imun manusia. Hal ini sangat meresahkan bagi siapa saja, termasuk guru dan siswa. Terutama siswa kelas 9 SMP Negeri 3 Patebon yang akan menghadapi Ujian Tulis Sekolah dan Ujian Nasional.

Guru harus memutar otak menemukan cara supaya pembelajaran melalui media laptop, komputer, dan gawai akan terasa menyenangkan bagi siswa. Di sisi lain, pembelajaran tanpa bertatap muka secara langsung dirasa kurang efektif. Guru tidak dapat memperhatikan secara cermat sikap dan keseriusan siswa dalam menerima pembelajaran. Selain itu, koneksi internet yang tidak lancar menjadi kendala utama dalam penyampaian materi guru pada siswa. Terlebih dalam menyampaikan materi pembelajaran bahasa Inggris, khususnya listening (mendengarkan).

Dalam pembelajaran listening secara normal, guru dapat menggunakan media laptop, lcd, maupun speaker dalam ruang kelas atau laboratorium bahasa. Guru juga dapat menerapkan beberapa aplikasi secara langsung, seperti lyrics training. Namun, dikarenakan situasi dan kondisi yang tidak memungkinkan, guru akan kerepotan dalam menerapkan media-media tersebut melalui tatap muka dengan siswa ketika mereka berada di rumah.

Baca juga:   Lebih Asyik Belajar Bahasa Inggris dengan Quizizz di Masa Pandemi Covid 19

Ada sebuah cara supaya pembelajaran listening dapat berlangsung dengan lancar dan menyenangkan sehingga siswa dapat memahami apa yang telah mereka dengarkan. Sebagai tindak lanjut, siswa dapat mengerjakan soal-soal listening dengan cepat dan mudah. Pembelajaran listening dapat diterapkan melalui podcast. Dengan menggunakan podcast, siswa akan lebih tertarik, terkesan, dan termotivasi meski mereka tidak sedang belajar dalam ruang kelas.

Margaret Hurley dalam artikelnya Authentic Material : How to Teach English Using Radio or Podcast menjelaskan bahwa penggunaa podcast maupun radio dalam pembelajaran, terlebih bagi guru bukan penutur asli akan lebih praktis dan menyenangkan. Oleh karena itu, penggunaan podcast dalam pembelajaran listening akan memudahkan siswa dalam menerima materi dan memahami teks-teks listening yang diberikan.

Podcast sudah ada sejak 2005, tetapi mulai banyak yang menggunakan pada 2007. Podcast berasal dari kata “iPod” dan “Broadcasting”. Ini sejenis rekaman audio. Namun, pengguna dapat memperoleh audio podcast melalui cara berlangganan, men-download, dan mendengarkan. Ada yang mengatakan bahwa podcast itu mirip radio. Namun, itu berbeda. Podcast berupa rekaman. Tidak ada atau jarang ada iklan di dalamnya. Selain itu, podcast menawarkan banyak pilihan. Bisa ratusan ribu tema, sedangkan radio terbatas. Podcast dapat diakses setiap waktu, sementara itu radio terbatas dalam hal waktu.

Baca juga:   WhatsApp, Solusi Mudah Pembelajaran Jarak Jauh

Adapun langkah penggunaan podcast dalam pembelajaran listening, pertama pasang aplikasi podcast. Berikutnya, cari nama podcast yang diinginkan sesuai dengan tema listening. Misal, The English We Speak (BBC), Elementary Podcasts by the British Council, Better at English, Learning English (Voice of America), dan lain sebagainya. Setelah itu, baca petunjuk. Jika cocok, subscribe atau download episode tertentu. Langkah terakhir, dengarkan.

Penggunaan podcast dalam pembelajaran listening ketika berada di rumah akan lebih efektif dan menyenangkan. Siswa tidak akan merasa bosan dan terbebani. Kemampuan pemahaman listening dapat ditingkatkan setiap waktu. (dar1/ton)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 3 Patebon Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya