Menganalisis Novel Semakin Asoi dengan SAC

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Novel merupakan jenis karya sastra prosa yang diajarkan di SMK kelas XII. Hampir sama dengan materi sastra yang setipe yaitu cerpen, siswa merasa enggan dan terbebani dengan lembaran-lembaran cerita yang harus mereka baca ketika pembelajaran. Dengan alasan kuno dan selalu menjadi slogan mereka yaitu malas membacanya. Padahal mau tidak mau mereka harus menyempatkan waktu meskipun sebentar untuk membacanya agar bisa mengetahui isi ceritanya sebagai bahan pembelajaran di kelas.

Hal yang sama juga dimunculkan di kelas XII TPEM 2 SMK Negeri 1 Kedungwuni ketika materi ini sudah mulai penulis perkenalkan. Melihat gelagat siswa yang sudah mulai enggan untuk membacanya, maka perlu dicarikan solusi agar pembelajaran bisa berlangsung dengan asoi (asyik, oke, dan inovatif). Salah satu langkah yang bisa dilakukan adalah dengan menyisipkan materi tersebut ke benda yang selalu ada di genggaman mereka. Ya, benar sekali, materi menganalisis novel bisa kita masukkan melalui telepon genggam mereka. Tentu saja bukan hanya sekadar mengirimkan softcopy novel ke ponsel pintar mereka. Itu sama saja seperti kita menggunting di dalam air.

Baca juga:   Bentuk Karakter Peserta Didik melalui Pembelajaran Teks Cerita Inspirasi

Dijamin tidak akan mereka baca sampai selesai isi novelnya. Karena minat baca mereka cukup kurang. Oleh sebab itu, cara yang digunakan adalah dengan menyisipkan kutipan atau sinopsis novel di ponsel pintar mereka dengan tampilan yang menarik bagi siswa.

SAC atau Smart Apps Creator merupakan aplikasi modern yang setipe dengan power point dengan berbagai fitur tambahan yang menarik dan inovatif. Cara penggunaan SAC sangatlah mudah asalkan kita mempunyai apknya. Guru bisa membuat materi terlebih dahulu dengan menggunakan SAC di laptop atau androidnya. Tampilan bisa kita permanis dengan adanya fitur suara, video dari Youtube, Canva, foto, musik, gambar bergerak, dan sebagainya. Nah, setelah materi kita siapkan dengan polesan yang super ciamik agar siswa kita tertarik, kita juga tetap harus mengevaluasi mereka dengan cara memberikan soal latihan. Tentu saja tampilan dan fitur mumpuni yang menjadi unggulan SAC bisa juga diterapkan ketika pembuatan soal latihan bagi siswa. Dijamin siswa merasa asoi mengikuti pembelajaran ini.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Descriptive Text dengan Mentimeter

Hal tersebut terbukti di kelas XII TPEM 2 yang semula enggan membaca menjadi ketagihan karena mereka bisa belajar dari android masing-masing yang sudah saya kirim apknya. Karena sejatinya belajar itu bisa kapan saja, di mana saja dan untuk siapa saja. Tidak ada lagi slogan malas membaca dan tidak mau belajar. Minat siswa membaca novelpun semakin meningkat. Selamat mencoba! (gm1/aro)

Guru Bahasa Indonesia SMK Negeri 1 Kedungwuni, Kabupaten Pekalongan

Author

Populer

Lainnya