Implementasi Keterampilan Teknik dalam Bertanam Hidroponik

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PANDEMI yang kita hadapi saat ini mengubah tatanan kehidupan dalam berbagai aspek. Hampir semua bidang kehidupan terdampak dengan wabah tersebut. Lingkungan pun menjadi terpengaruh. Belum berakhirnya kasus positif Covid-19 mengharuskan kita bijak dalam bersikap. Kebijakan menghadapi pandemi telah dimulai dengan anjuran pemerintah pada minggu pertama kasus positif virus corona pertama di Indonesia sekitar pertengahan Maret 2020. Salah satu kebijakan tersebut yaitu bekerja, belajar, dan beribadah di rumah.

Sebenarnya banyak aktivitas yang dapat dilakukan meskipun berada di rumah. Kegiatan tersebut ada yang dapat dilakukan bersamaan dengan anggota keluarga yang lain dan ada pula kegiatan yang dapat dilakukan secara mandiri. Di antara begitu banyak kegiatan, pengembangan bakat dan minatlah yang membuat waktu semakin bermanfaat. Pemanfaatan informasi di internet, baik secara teks tertulis maupun video dapat menjadi sarananya. Melalui luasnya informasi yang tersedia, kita dapat mengembangkan bakat dan minat yang lama tidak sempat dilakukan. Selain itu, juga dapat memunculkan minat pada bidang baru.

Salah satu aktivitas yang dapat dianggap sebagai bidang baru aktivitas adalah berkebun. Banyak manfaat yang didapat dengan aktivitas tersebut. Namun, kurangnya waktu luang, kepenatan kerja, dan lahan yang kurang luas menyebabkan banyak di antara kita kurang berminat untuk menekuninya. Menyiasati keluhan tersebut, berkebun secara hidroponik merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan.

Baca juga:   Proyek Batik Membuat Transformasi Geometri Lebih Hidup

Berkebun hidroponik merupakan teknik berkebun tanpa menggunakan media tanam tanah tetapi menggunakan pralon, botol bekas atau kaleng. Perlengkapan, bahan yang digunakan, dan beragam keperluan dapat didapatkan dengan mudah, baik melalui toko pertanian khusus hidroponik maupun toko pertanian online. Untuk video tutorialnya pun banyak terdapat di youtube. Dalam aplikasi tersebut akan diperoleh beragam wawasan berkebun. Seperti yang diterapkan di SMKN 1 Sayung, Demak. Sebagai pemula yang awam akan dengan mudah mengikuti dengan adanya beragam informasi yang tersedia. Beberapa informasi tersebut berupa pemilihan media, pemilihan bibit tanaman, penyusunan media, pengoperasian sistem pengairan, pemberian nutrisi, dan proses panen.

Beberapa tahap penyusunan media tanam yang dilakukan hingga menjadi kebun hidroponik yang diinginkan sebenarnya menerapkan pengetahuan dan keterampilan teknik. Penerapan tersebut meliputi tahap perencanan, tahap pelaksanaan, dan uji coba. Dalam tahap perencanaan menerapkan penentuan bahan yang digunakan dan disesuaikan dengan fungsi dan luas lahan. Setelah penentuan bahan adalah meyusun kerangka hingga menjadi media tanam. Proses pengukuran, pemotongan, dan penyambungan bahan hingga pemilihan pompa air yang tepat diperlukan dalam tahap ini. Kemudian, tahap uji coba berkaitan dengan kegiatan awal mengaktifkan pompa sebagai perantara pengairan. Dalam tahapan ini kemungkinan pompa tidak berfungsi atau penggantian pompa yang disesuaikan dengan daya, perlu dilakukan dengan cermat.

Baca juga:   Pembelajaran Berpikir Kritis dengan Model SOLE

Pengetahuan dan keterampilan menyusun tersebut dapat teratasi dengan melakukan beberapa aktivitas berikut. Dalam tahap perencanaan, pahami media yang akan digunakan, lahan yang akan ditempati, jenis tanaman yang dipilih, kendala yang dapat muncul, dan proses yang akan dilakukan. Sebagai pemula, pilih tanaman yang produksinya cepat dan mudah perawatannya. Pengetahuan tersebut dapat diperoleh dengan aktif mencari informasi yang berimbang, baik melalui internet maupun narasumber. Bergabung dengan komunitas yang sesuai juga dapat menambah pengetahuan dari narasumber. Minimnya pengetahuan sebagai pemula tentu dapat teratasi jika tidak patah semangat dan terus mencoba. Dengan memanfaatkan waktu pada bidang baru dengan berbagai keterampilan teknik dapat meningkatkan produktivitas kerja. (on1/zal)

Guru Teknik Sepeda Motor SMKN 1 Sayung Demak

Author

Populer

Lainnya