TCL, Covid-19 dan Penguatan Komitmen Kebangsaan bagi Pelajar

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Tujuan pembelajaran PPKn adalah menanamkan semangat cinta tanah air/nasionalisme dengan menguatkan komitmen kebangsaan bagi peserta didik. Di pandemi Covid-19 ini model pembelajaran Contextual Teaching Learning/CTL dirasa sesuai. Peserta didik diajak untuk membantu pencegahan dan penyebaran Covid-19. Dengan melakukan kegiatan-kegiatan sehari -hari sesuai protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah stay at home dan social distancing.
Model pembelajaran Contextual Teaching Learning/CTL merupakan suatu proses pembelajaran yang holistik dan bertujuan memotivasi peserta didik untuk memahami makna materi pelajaran yang dipelajarinya dengan mengaitkan materi tersebut dengan konteks kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran kontekstual adalah sebuah sistem belajar yang didasarkan pada filosofi bahwa peserta didik mampu menyerap pelajaran apabila mereka menangkap makna dalam materi akademis yang mereka terima dan mengaitkan informasi baru dengan pengetahuan dan pengalaman yang sudah mereka miliki sebelumnya (Elaine B Johnson 2007:14).
Berdasarkan di atas dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kontekstul membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi peserta didik dan mendorong peserta didik untuk membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Dengan konsep ini hasil pembelajaran berlangsung alamiah, bukan transfer pengetahuan tetapi proses pembelajaran yang dilihat dari hasil.

Baca juga:   Penilaian Sikap dan Karakter Sulit Diterapkan saat BDR

Covid-19 adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus korona yang mulai dikenal di Wuhan, Tiongkok Desember 2019. Sekarang menjadi pandemi yang terjadi di banyak negara di dunia. Gejala-gejala Covid-19 yang paling umum adalah demam batuk kering dan rasa lelah. Usaha yang dilakukan untuk mencegah penyebaran penyakit ini adalah isolasi mandiri dengan bekerja, belajar dan ibadah di rumah, stay at home dan social distancing.

Memperkuat komitmen kebangsaan bagi pelajar menurut Permendikbud No.37 Tahun 2018 tentang KI dan KD. Diatur dalam KD.3.6 yang berisi Menginterpretasikan semangat dan komitmen kebangsaan kolektif untuk memperkuat Negara Kesatuan Republik Indonesia dalam konteks kehidupan siswa. Komitmen kebangsaan yang dilakukan siswa di pandemi Covid-19 adalah mengikuti protokol kesehatan yang dianjurkan pemerintah dengan stay at home dan social distancing.

Dapat disimpulakan bahwa pembelajaran Contextual Teaching Learning/CTL sangat tepat untuk menampaikan materi menguatkan komitmen kebangsaan pada masa pandemi Covid-19. Pendidikan kewarganegaraan adalah pendidikan sikap dan karakter warga negara untuk cinta tanah air dengan memperkuat komitmen kebangsaan. Pendekatan kontekstual membantu guru dan peserta didik membuat kaitan materi yang diajarkan dengan situasi nyata dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Penerapan model pembelajaran kontektual sangat menarik dan menantang peserta didik karena melibatkan peserta didik secara penuh dalam kehidupan nyata. (ips1/lis)

Baca juga:   Pengembangan Media Pembelajaran dengan Google Formulir Mapel PPKn

Guru PPKn SMP Negeri 29 Semarang

Author

Populer

Lainnya