Meningkatkan Percaya Diri Asyik dengan Daring

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di saat kondisi pandemi seperti ini banyak orang yang merasa dirinya depresi. Tidak berbeda dengan peserta didik juga. Mereka sangat terkungkung dengan kondisi saat ini. Banyak peserta didik yang mengeluh bosan di rumah. Mereka sangat berharap kondisinya saat ini bisa cepat berlalu. Rasa percaya diri yang telah dimiliki peserta didik dapat meningkatkan perkembangannya, baik oleh dirinya sendiri maupun lingkungan yang akan mendukung pencapaiannya.

Program bimbingan konseling sekolah tidak hanya bersifat komprehensif dalam ruang lingkup, namun juga harus bersifat preventif dalam desain, dan bersifat pengembangan dalam tujuannya. Bersifat komprehensif berarti program guru BK SMP Negeri 29 Semarang harus mampu memfasilitasi capaian-capaian perkembangan psikologis peserta didik dalam aspek bimbingan (pribadi, social, akademik dan karir). Layanan yang diberikan pun tidak hanya terbatas pada peserta didik dengan karakter dan motivasi unggul serta siap belajar saja. Bersifat preventif dalam desain mengandung arti bahwa pada dasarnya tujuan pengembangan program BK di sekolah hendaknya dilakukan dalam bentuk yang bersifat preventif. Yaitu upaya pencegahan dan antisipasi sedini mungkin hendaknya menjadi semangat utama yang terkandung dalam kurikulum bimbingan yang diterapkan di sekolah. Diharapkan peserta didik mampu memilah sikap dan tindakan yang tepat dan mendukung pencapaian perkembangan psikologis ke arah yang ideal dan positif.

Baca juga:   Metode Cerita Berantai Tingkatkan Keterampilan Berbicara

Menurut Yulita Rintyastini dan Suzy Yulia C, (2006) kepercayaan diri adalah sikap positif seorang individu untuk mengembangkan penilaian positif terhadap diri sendiri ataupun terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya. Angelis (2000) mengemukakan bahwa kepercayaan diri merupakan suatu keyakinan dalam jiwa manusia bahwa tantangan hidup apapun harus dihadapi dengan berbuat sesuatu. Kepercayaan diri lahir dari kesadaran bahwa jika memutuskan untuk melakukan sesuatu dan sesuatu itulah yang harus dilakukan.

Layanan kliniks guru BK di masa pademi covid 19 melalui daring yang telah saya lakukan di SMP Negeri 29 Semarang, dapat meningkatkan peserta didik dalam berkomunikasi. Hal ini merupakan salah satu bentuk keyakinan adanya peningkatan percaya diri peserta didik terhadap segala aspek yang dimilikinya, dan mampu untuk bisa mencapai tujuan dalam hidupnya. Program guru BK di SMP Negeri 29 Semarang, memfasilitasi capaian perkembangan psikologis peserta didik dalam aspek bimbingan (baik pribadi, sosial, akademik dan karir). Salah satu bimbingan pribadi adalah untuk meningkatkan percaya diri secara daring.

Baca juga:   Bimbingan Konseling Online Asyik dari Guru BK di Masa Pandemi

Komunikasi daring memiliki peran penting untuk meningkatkan percaya diri peserta didik dalam pembelajaran BK di SMP Negeri 29 Semarang. Pada pembelajaran konvensional hanya peserta didik yang mempunyai percaya diri tinggi bisa menyampaikan gagasan/idenya. Sementara bagi peserta didik yang kurang percaya diri mereka lebih cenderung pasif dan hanya diam sebagai pendengar saja. Dengan pembelajaran daring ini peserta didik mampu meningkatkan percaya diri (PD), yang tadinya pasif sekarang menjadi aktif. Peserta didik yang semula di kelas kurang percaya diri untuk menyampaikan ide/gagasannya dengan melalui daring mereka dapat aktif menyampaikan ide/gagasannya. (ips1/ton)

Guru BK SMP Negeri 29 Semarang

Author

Populer

Lainnya