Belajar IPA di Rumah, Olah Tanaman Herbal untuk Tingkatkan Imun

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DILANSIR dari berita Ombudsmen RI bahwa Organisasi Kesehatan Dunia World Health Organization (WHO) telah menetapkan COVID-19 sebagai pandemi karena telah menyebar ke lebih dari 100 negara di dunia. WHO sendiri mendefinisikan pandemi sebagai situasi ketika populasi seluruh dunia ada kemungkinan akan terkena infeksi ini dan berpotensi sebagian dari mereka jatuh sakit. Dikutip dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), pandemi adalah wabah yang berjangkit serempak di mana-mana atau meliputi geografi yang luas.

Pandemi COVID-19 akan berdampak dari berbagai sektor kehidupan seperti ekonomi, sosial, termasuk juga pendidikan. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada Kamis (5/3) menyatakan bahwa, wabah virus corona telah berdampak terhadap sektor pendidikan. Hampir 300 juta siswa terganggu kegiatan sekolahnya di seluruh dunia dan terancam berdampak pada hak-hak pendidikan mereka di masa depan.

Sebagai seorang pendidik di SMP Negeri 2 Kaliwungu, kami benar-benar merasakan akibat dari wabah ini, sehingga memunculkan pemikiran kami agar kondisi seperti ini tidak menghambat peserta didik dalam memperoleh haknya yaitu mendapatkan ilmu sebagaimana yang sudah biasa mereka dapatkan sebelum kondisi pandemi seperti sekarang ini. Saya sebagai pendidik khususnya pengampu mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) terus berusaha mencari solusi agar peserta didik tetap mendapatkan Pendidikan walaupun mereka berdiam di rumah masing-masing.

Baca juga:   Menghafal Ciri-Ciri Makhluk Hidup dengan Metode Bernyanyi

Sebagai mana kita semua tau bahwa peserta didik di zaman sekarang banyak yang kurang memahami dan memanfaatkan khasiat dari berbagai tanaman herbal yang berada di sekitar kita. Mereka cenderung lebih menyukai dan tertarik dengan makanan atau minuman yang serba instan untuk dikonsumsi, oleh karena itu saya pikir sangatlah perlu mengenalkan berbagai macam tanaman yang sangat bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh kita, apalagi di masa pandemi covid-19 yang sedang melanda kita semua.

Tanaman herbal pertama yang dapat meningkatkan imunitas tubuh adalah daun kelor. Selain dikenal untuk menangkal kekuatan mistis oleh masyarakat Indonesia, daun kelor ini juga dikenal memiliki berbagai macam manfaat yang baik bagi tubuh. Daun kelor berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh karena kandungan asam amino dan antioksidan yang ada di dalamnya. Tidak hanya itu, daun kelor juga berfungsi untuk memperbaiki segala kerusakan yang dapat disebabkan oleh covid-19. Antioksidan dan kalori yang rendah pada daun kelor dipercaya sebagai penghambat perkembangan mikroorganisme atau patogen yang mengancam bagi tubuh.

Jahe Merah. Beberapa kandungan yang ada di dalamnya pun juga dipercaya dapat membantu memperkuat sistem imunitas untuk mencegah virus corona covid-19. Kandungan senyawa aktif gingerol diklaim dapat melawan respiratory syncytial virus corona covid-19 yang dapat memperburuk kondisi orang yang terinfeksi. Mengonsumsi jahe merah dapat diandalkan untuk mengurangi gejala covid-19 seperti batuk dan flu dengan sensasi hangat yang dapat dirasakan di tenggorokan.
Kencur. Tidak jauh berbeda dengan jahe, fungsi kencur ini juga dapat membantu sistem pernapasan agar tetap bekerja dengan baik.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Sistem Tata Surya dengan Picture and Picture

Temulawak. Sekilas, temulawak memiliki tampilan yang mirip dengan kunyit. Tidak hanya tampilannya, temulawak juga memiliki khasiat yang hampir sama dengan kunyit yakni berperan sebagai penangkal radikal bebas.
Kunyit. Dengan tampilan khasnya yang berwarna kuning, tanaman ini sering juga sering dijumpai sebagai pewarna makanan alami. Dengan tingginya kandungan antioksidan dan kurkumin pada kunyit, membuat tanaman herbal satu ini dapat menjadi andalan Anda untuk mencegah covid-19.

Tanaman herbal berikutnya yang berguna untuk meningkatkan imun adalah mengkudu. Dengan rasanya yang cukup getir, ternyata mengkudu ini justru memiliki kandungan vitamin C dan beta karoten yang dapat meningkatkan imunitas tubuh.
Daun Meniran. Beberapa bagian seperti batang dan akar juga berguna sebagai obat herbal. Sebab, tanaman ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi untuk melawan radikal bebas dan berguna untuk memperkuat imunitas tubuh untuk mencegah covid-19.

Dengan mengenalkan tanaman-tanaman tersebut, peserta didik dapat melakukan eksperimen bersama keluarga dan melaporkan hasilnya berupa langkah-langkah pengolahan beserta foto hasil pengolahan sebagai bentuk evaluasi pembelajaran mata pelajaran IPA. (ips1/zal)

Guru IPA SMPN 2 Kaliwungu

Author

Populer

Lainnya