Optimalisasi Penggunaan Office 365 pada Matematika di Era Pandemi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Pembelajaran jarak jauh yang harus dilaksanakan akibat pandemi Covid-19 menuntut guru untuk memilih media pembelajaran yang tepat. Salah satu alternatif pembelajaran jarak jauh yang banyak digunakan oleh guru, khususnya guru matematika adalah aplikasi office 365. Aplikasi tersebut tersedia dalam 2 pilihan, yaitu versi gratis dan berbayar.

Office 365 merupakan aplikasi produk dari microsoft yang programnya memiliki satu paket lengkap, terdiri dari Word, Power Point, Excel, Acces, dan Publisher. Pada aplikasi ini, hasil pekerjaan dapat disimpan di cloud storage OneDrive 1 tera byte, sehingga pengguna tidak harus selalu membawa flashdidisc serta dapat diakses dengan banyak perangkat termasuk smartphone.

Kelebihan office 365 untuk pembelajaran jarak jauh adalah easy collaboration, yaitu kemudahan kolaborasi antarpengguna yang sudah diberi link, mulai dari memberikan materi baik berupa catatan, power point maupun video.
Guru dapat memberikan tugas atau latihan soal dalam bentuk pilihan ganda, isian singkat dan uraian. Pada soal pilihan ganda dan isian singkat, aplikasi office 365 dapat mengoreksi secara otomatis dan memberikan analisis pekerjaan peserta didik secara tepat dan cepat, sehingga sangat membantu pekerjaan guru. Waktu memulai dan mengakhiri pekerjaan dapat diatur, sehingga dapat membentuk karakter disiplin waktu pada peserta didik. Adanya fitur ini, Office 365 dapat digunakan sebagai pembelajaran rutin harian, media tes tengah semester, akhir semester, bahkan ujian sekolah.

Baca juga:   Tingkatkan Konsentrasi Belajar Matematika dengan Model GGE

Penulis menggunakan office 365 lebih intens sejak masa pandemi, untuk pembelajaran jauh mata pelajaran matematika kelas 7 dan 9 SMPN Kota Semarang. Penulis merancang durasi setiap pertemuan berkisar 60 menit. Penulis mengawali kegiatan dengan memberikan materi berupa catatan materi pokok. Apabila materi cukup komplek maka penulis memberikan PPT atau video untuk dipelajari oleh peserta didik terlebih dahulu. Setelah itu, penulis mengarahkan peserta didik untuk mengerjakan soal pilihan ganda 4 option, yang disertai uraian jawabannya dengan harapan peserta didik tidak bekerja secara asal-asalan.

Pada setiap soal penulis mencantumkan skor nilai, sebagai panduan peserta didik. Pada saat kegiatan pembelajaran harian, penulis membuka akses bagi peserta didik untuk mengetahui jumlah nilai yang diperoleh. Hal tersebut dapat memotivasi peserta didik untuk mengerjakan ulang soal-soal tersebut, sehingga diharapkan dapat memperoleh nilai tuntas minimal 75. Namun pada saat tes atau ujian, akses nilai tidak dapat terbaca oleh peserta didik. Hal ini menghindari dampak negatif psikologis bagi siswa yang memperoleh nilai kurang memuaskan.

Baca juga:   Meningkatkan Motivasi Belajar IPS dengan Penugasan Proyek

Paket materi dan soal tersebut dapat digunakan untuk seluruh siswa kelas paralel, sehingga menghemat tenaga dan waktu. Hasil nilai yang diperoleh peserta didik dapat di-download ke dalam excel, sehingga mudah untuk mengelompokkan dalam kelas yang sama serta nomor urut absennya. Dengan demikian penulis dapat secara cepat mengetahui siapa saja peserta didik yang sudah mengikuti pembelajaran jarak jauh serta nilai yang diperoleh. Hasil nilai tersebut diumumkan ke grup WA siswa dan orang tua, serta memberikan informasi kapan peserta didik dapat melakukan remidi atau susulan materi pelajaran tersebut.

Setiap aplikasi pasti memiliki kekurangan. Adapau kekurangan office 265 yang penulis rasakan adalah pelanggan harus mengeluarkan sejumlah uang sesuai ketentuan pihak microsoft apabila ingin memperoleh fitur-fitur yang lengkap dan lebih baik. Kekurangan lainnya adalah harus terhubung dengan jaringan internet pada saat menggunakannya. Hal ini menuntut kerja sama dengan orang tua, karena tanpa kuota internet, peserta didik tidak dapat mengikuti pembelajaran jarak jauh dengan baik. (gm1/lis)

Guru Matematika SMP Negeri 42 Semarang

Author

Populer

Lainnya