Mengefektifkan Belajar Materi Pewarisan Sifat dengan Resitasi

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEWARISAN sifat merupakan salah satu materi IPA yang dipelajari di SMP Negeri 2 Kajen kelas IX. Cakupan materi yang luas dan tingkat kesulitan materi yang cukup tinggi menyebabkan kemandirian dan minat belajar peserta didik terhadap materi ini sangat rendah. Untuk itu dibutuhkan suatu proses pembelajaran efektif yang dapat menumbuhkan minat belajar peserta didik sehingga tujuan pembelajaran tercapai yaitu proses pembelajaran dengan menggunakan metode yang tepat.

Metode pembelajaran adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya untuk mencapai tujuan yang ditetapkan dalam kurikulum. Metode pembelajaran dipilih dan digunakan atas dasar tujuan dan bahan pengajaran. Peranan metode pembelajaran adalah untuk menjelaskan bahan pengajaran agar supaya sampai kepada tujuan pengajaran ( Rohani dan Ahmad, 1991 : 168). Metode pembelajaran sebagai alat pencapai tujuan memiliki peran yang sangat penting dan dibutuhkan oleh seorang guru dalam melakukan proses pembelajaran. Salah satu peran pentingnya yaitu menfasilitasi peserta didik selama proses pembelajaran. Pemilihan metode pembelajaran yang tepat dapat menjadikan kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif, efisien dan juga menyenangkan sehingga dapat meningkatkan kemampuan peserta didik menguasai materi pelajaran serta menumbuhkan minat belajar peserta didik terhadap suatu materi pelajaran. Metode Resitasi dipilih sebagai solusi tepat dalam pembelajaran materi pewarisan sifat agar berjalan efektif dan efisien sehingga tujuan pembelajaran tercapai.

Baca juga:   Asyiknya Belajar Sintesa Protein dengan Video Animasi

Metode resitasi adalah cara menyajikan bahan pelajaran dimana guru memberikan sejumalah tugas terhadap murid-muridnya untuk mempelajari sesuatu, kemudian mereka disuruh untuk mempertanggungjawabkannya. Tugas yang diberikan guru bisa berbentuk memperbaiki, memperdalam, mengecek, mencari informasi, atau menghafal pelajaran yang akhirnya membuat kesimpulan tertentu. Pelaksanaan metode resitasi dapat dilakukan secara perorangan atau berkelompok dan tempat pelaksanaannya dapat di kelas maupun di luar kelas. Metode Resitasi sebagai salah satu metode pembelajaran yang dapat mengefektifkan kegiatan belajar mengajar memiliki kelebihan diantaranya merangsang peserta didik dalam melakukan belajar secara individu atau kelompok, mengembangkan kemandirian peserta didik di luar pengawasan guru, membina tanggung jawab dan disiplin peserta didik, mengembangkan kreativitas peserta didik dan juga dapat membuat peserta didik bergairah dalam kegiatan belajar karena kegiatan belajar dilakukan dengan berbagai variasi sehingga tidak membosankan.

Dalam kegiatan belajar mengajar materi pewarisan sifat dengan menggunakan Metode Resitasi terdiri dari kegiatan pendahuluan, kegiatan inti dan diakhiri kegiatan penutup. Pada kegiatan pendahuluan guru mempersiapkan mental peserta didik untuk menerima tugas dengan memberikan kejelasan tentang materi pewarisan sifat. Pada kegiatan inti guru memberikan tugas berupa soal-soal tentang pewarisan sifat, peserta didik mengerjakan tugas secara berkelompok, guru mengoreksi tugas peserta didik dan jika ada kesalahan maka dilakukan diskusi untuk menemukan dan menyamakan jawaban yang benar antar kelompok. Pada kegiatan penutup peserta didik bersama guru mengecek kebenaran dan peserta didik disuruh mengulangi tugas itu kembali .

Baca juga:   Zoomed in Picture Game Permudah Belajar Describing a Person

Penggunaan Metode Resitasi dalam pembelajaran materi pewarisan sifat memberi dampak positif yaitu kegiatan belajar mengajar lebih efektif dan efisien baik dalam waktu pelaksanaan maupun penguasaan materi dan juga menumbuhkan sikap positif pada peserta didik antara lain kemndirian, tanggung jawab , disiplin, kreatif dan percaya diri. (dj1/zal)

Guru SMP Negeri 2 Kajen, Kab. Pekalongan

Author

Populer

Lainnya