TTSM Alternatif Penilaian Pengetahuan Matematika Peserta Didik

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENILAIAN pengetahuan dilakukan dengan berbagai teknik. Pendidik dapat memilih teknik penilaian yang paling sesuai dengan karakteristik kompetensi dasar, indikator, atau tujuan pembelajaran yang akan dinilai. Segala sesuatu yang akan dilakukan dalam proses penilaian perlu ditetapkan terlebih dahulu pada saat menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Teknik yang biasa digunakan adalah tes tertulis, tes lisan, dan penugasan. Tes tertulis adalah tes yang soal dan jawaban disajikan secara tertulis berupa pilihan ganda, isian, benar-salah, menjodohkan, dan uraian.

Teka Teki Silang (TTS) adalah suatu permainan kata yang biasanya berbentuk serangkaian ruang-ruang kosong berbentuk kotak berwarna hitam dan putih. Tujuan dari permainan ini adalah untuk mengisi kotak-kotak putih dengan huruf, membentuk kata atau frasa tertentu, dengan menyelesaikan petunjuk yang mengarah ke jawaban tertentu. Kotak yang berwarna hitam (atau warna lainnya) biasanya digunakan untuk memisahkan kata atau frasa yang berbeda.

Format dari teka-teki silang juga dapat beragam. Di Indonesia, format kotak maupun petunjuk dalam teka-teki silang cenderung memiliki gayanya sendiri, begitu pula dengan format teka-teki silang di negara lain. Popularitas teka-teki silang di Indonesia tidak hanya menelurkan rubrik teka-teki silang di hampir setiap majalah dan surat kabar di Indonesia sejak era 1970-an, namun juga dengan pernah adanya majalah khusus teka-teki silang dan beredarnya buku teka-teki silang dengan model cetak stensilan yang bisa diperoleh dengan harga sangat terjangkau (https://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:CrosswordUK.svg).

Baca juga:   Demonstrasi dengan Lidi untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa SD Kelas

Merujuk pada buku siswa matematika kelas VIII SMP/MTs, materi bangun ruang sisi datar terdapat pada halaman 126 sampai dengan 216 dengan judul Bab 8 Bangun Ruang Sisi Datar terbagi menjadi 8 sub bab yaitu Kegiatan 8.1 Menentukan Luas Permukaan Kubus dan Balok, Kegiatan 8.2 Menentukan Luas Permukaan Prisma, Kegiatan 8.3 Menentukan Luas Permukaan Limas, Kegiatan 8.4 Menentukan Volume Kubus dan Balok, Kegiatan 8.5 Menentukan Volume Prisma, Kegiatan 8.6 Menentukan Volume Limas, Kegiatan 8.7 Menentukan Luas Permukaan dan Volume Bangun Ruang Sisi Datar Gabungan, Kegiatan 8.8 Hubungan Diagonal Ruang, Diagonal Bidang, dan Bidang Diagonal ditambah dengan Ayo Kita Berlatih setiap akhir dari subbab, Ayo Kita Mengerjakan Projek 8, Ayo Kita Merangkum 8 dan Uji Kompetensi 8 (Asy’ari dkk. 2017-a).

Pengalaman penulis membuat TTS Matematika (TTSM) untuk kelas VIII SMP Negeri 1 Patean pada materi Bangun Ruang Sisi Datar yang terdapat pada Bab 8 dengan langlah-langkah membuat TTSM sebagai berikut, 1) buatlah pertanyaan-pertanyaan lengkap dengan jawabannya. 2) Susunlah jawaban-jawaban tersebut pada draf TTSM. 3) Kemudian hitamkan kotak-kotak yang tidak terpakai sehingga menjadi kunci jawaban TTSM. 4) Berilah nomor sesuai dengan pertanyaan mendatar atau menurun sehingga menjadi TTSM final. Sebelum TTSM diberikan kepada peserta didik untuk penilaian harian, sebaiknya TTSM dicek ulang.

Baca juga:   Tingkatkan Pemahaman Bangun Ruang melalui Pembelajaran Kontekstual

Setelah penilaian harian dengan menggunakan TTSM selesai penulis meminta setiap siswa memberikan komentar senang atau tidak, ternyata 100 persen siswa menyukai dan senang dengan TTSM dan meminta kepada guru untuk melakukan pada penilaian harian berikutnya. Hasil penilaian harian juga sangat memuaskan karena 90 persen siswa tuntas belajar dengan rata-rata nilai mencapai 90. (dj1/ida)

Guru SMP Negeri 1 Patean Kendal

Author

Populer

Lainnya