Tanpa Pemerintahan

  • Bagikan

Maka lahirlah wilayah baru ini. Tanpa pemerintahan. Di Amerika Serikat. Tepatnya di kota Seattle, di negara bagian Washington.

Wilayah baru itu diproklamasikan tanggal 8 Juni lalu.

Yang seperti ini hanya bisa terjadi di Amerika. Yang negara itu didirikan oleh manusia-manusia merdeka. Pribadinya merdeka.

Nama wilayah baru itu Capitol Hill Autonomous Zone. Disingkat CHAZ. Luasnya 6 blok. Posisi wilayah itu: di pusat kota Seattle –kota terbesar di negara bagian Washington.

Sejak itu 6 blok ini tidak lagi menjadi bagian kota Seattle. Juga tidak di bawah negara bagian Washington. Tapi tetap Amerika Serikat.

Proklamasi itu dilakukan oleh warga yang tinggal di 6 blok tersebut. Warga di situ menyatakan bisa mengurus diri sendiri. Tanpa pemerintah perlu ikut mengatur.

Mereka tidak memerlukan polisi, lurah, camat, pegawai negeri, dan seterusnya. Instansi-instansi seperti itu dinilai hanya akan merepotkan warga. Juga hanya akan membuat warga tidak merdeka.

Mereka akan dan merasa bisa mengatur diri sendiri. Kalau pun mereka perlu listrik atau air, itu bisa lakukan sendiri-sendiri. Lewat transaksi komersial biasa. Sisi lain yang hebat dari proklamasi itu: masyarakat CHAZ akan mengatur kehidupan warga di 6 blok itu berdasarkan demokrasi masyawarah mufakat di antara mereka sendiri.

Menyaksikan deklarasi seperti itu saya pun berdebar-debar: jangan-jangan sebentar lagi mereka akan punya Pancasila.

Lelucon?

Sama sekali bukan. Ini serius.

Yang seperti itu sudah banyak di Amerika. Bahkan banyak sekali. Saya pernah menuliskannya di DI’s Way. Sudah agak lama. Ketika saya keliling Amerika bersama dua teman saya ini: John Mohn yang American dan Robert Lai yang Singaporean.

Di sana ada lebih 1.000 wilayah kecil seperti itu. Yang tanpa pemerintahan. Yang kelompok masyarakatnya merasa mampu mengurus diri sendiri.

Dalam sistem kenegaraan di Amerika itu disebut ”Unincorporated Community”.

Misalnya saat kami berkendara dari Norfolk di Virginia ke Washington DC. Lewat Delaware. Melalui terowongan bawah laut yang amat panjang.

Tiba-tiba John melihat ada papan nama ”Unincorporated Community” di dekat sebuah perumahan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *