Menyenangkan, Belajar Percakapan Bahasa Inggris dengan Komik

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Ada sebuah pembelajaran yang dapat kita petik dari dunia pendidikan di masa pandemi Covid-19. Yakni kegiatan pembelajaran langsung terbukti lebih efektif daripada pembelajaran daring atau online. Dengan kata lain selamanya pofesi guru tidak akan pernah bisa digantikan oleh teknologi. Pembelajaran daring penuh banyak sekali menimbulkan keluhan dari peserta didik dan orangtua.

Orangtua harus bisa menjadi motivator bagi peserta didik untuk mau belajar yang tidak seperti biasanya yaitu melalui media online. Demikian juga tenaga pendidik (guru) harus bisa mengiming-imingi siswanya dengan paket pembelajaran yang menarik. Menarik dalam artian menyentuh minat belajar siswa secara alami tanpa keterpaksaan.

Banyak sekali metode dan bahan ajar yang dapat kita berikan dan dicari baik dari buku rujukan atau lewat online. Sama halnya dengan guru bahasa Inggris, harus mampu merangkai sebuah pola pembelajaran online atau daring yang merangsang rasa ingin tahu siswanya untuk belajar.

Salah satunya dengan media komik. Komik bisa digunakan untuk media pembelajaran writting maupun conversation. Banyak metode yang digunakan untuk melatih conversation siswa, tapi semuanya cenderung membosankan, sulit dan tidak menarik dan itu cenderung membuat siswa enggan mempelajarinya.
Jadi, guru sebagai pendidik harus bisa menyikapi situasi semacam ini dan menjadikannya peluang untuk mencoba cara lain. Dengan bahasa percakapan yang sederhana, mudah dimengerti dan tidak membuat jenuh jawabannya belajar dengan komik percakapan bahasa Inggris, anak akan lebih mudah memahami conversation yang ada. Karena ketertarikannya dengan gambar dan ceritanya.

Baca juga:   Belajar Kosakata Bahasa Inggris melalui Game Online

Dengan komik siswa tidak perlu repot-repot membeli bukunya, komik dapat dicari siswa melalui online. Di situ sangat lengkap jenis komik yang siswa inginkan. Belajar dengan komik setidaknya juga dapat menghibur siswa di masa menunggu meredanya wabah Covid-19 dan mudah sekali memahami conversation yang ada di dalamnya karena dipertegas dengan ilustrasi gambar yang sangat menarik.

Dalam komik dalam bahasa Inggris ini siswa dapat mempelajari percakapan yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, dari kegiatan sekolah, kantor, keluarga ataupun lingkungan sekitarnya. Bahkan sampai urusan remaja yang membicarakan percintaan, kenakalan, serta romantisme ada semuanya dapat siswa temukan didalam komik berbahasa Inggris tersebut.

Walaupun percakapan dibagi dalam tema yang berbeda, tetapi cerita dalam setiap percakapan dalam tiap tema di buat bersambung dan berkaitan sampai akhir cerita.

Selain itu buku komik percakapan bahasa Inggris juga dilengkapi dengan penggunaan tata bahasa yang baik dari enam belas tenses dan penggunaan regular dan irregular verbs yang mempermudah siswa mempelajari grammar. Inilah yang membuat komik berbahasa Inggris ini unik. Selain bisa belajar bahasa Inggris sekaligus menghibur dan membuat situasi belajar lebih menyenangkan.

Baca juga:   Pengaruh Lingkungan dan Pembawaan dalam Pendidikan

Belajar di masa pandemi ini setidaknya target-target dikurangi terlebih dahulu sampai kondisi normal kembali. Jangan sampai pembelajaran yang guru berikan justru menjadi beban siswanya yang sedang mengalami tekanan ekonomi dan sosial.

Walaupun banyak sekali kelemahan tetapi setidaknya ada pembelajaran yang kita dapatkan selama wabah Covid-19. Yaitu peran serta orangtua dalam mendidik anaknya di rumah, peran orang tua sebagai guru di rumah. Bimbingan, arahan, aturan, ilmu dan wawasan yang orangtua berikan akan sangat bermanfaat anak. (gml2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMA Negeri 15 Semarang

Author

Populer

Lainnya