Kupas Tuntas Belajar Matematika dengan Media Corona

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang wajib diajarkan di tingkat dasar dan menengah. Di tengah pandemi Covid 19 ini matematika harus tetap disajikan dengan sangat menarik sebagai pembelajaran secara online di rumah agar peserta didik tetap antusias mengikuti pembelajaran. Guru harus kreatif dalam menggunakan media pembelajaran yang cocok dan mudah dipahami.

Pengajaran yang banyak mengggunakan verbalisme tentu akan cepat dan sangat membosankan. Sebaliknya pengajaran akan lebih menarik bila siswa gembira atau senang karena mereka tertarik dengan pelajaran yang diterima. Oleh karena itu pengalaman kongkrit yang kemudian menuju kemampuan abstrak merupakan cara belajar yang efektif dan efisien.

Salah satu cara untuk membuat pembelajaran Matematika lebih menarik di MTs Sholihiyyah Kalitengah Mranggen Demak pada materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII adalah dengan media aplikasi Corona (Comic Strip, Googleclassroom dengan Benda Nyata). Shadely (1990:54) mengartikan media komik sebagai berikut : komik berbentuk rangkaian gambar-gambar sedangkan masing-masing dalam kotak yang keseluruhannya merupakan rentetan suatu cerita. Gambar-gambar itu dilengkapi balon-balon ucapan(speak baloons) ada kalanya masih disertai narasi sebagai penjelasan. Sedangkan Factmonster (2001) menjelaskan bahwa pengertian comic strip adalah kombinasi antara gambar kartun dan cerita. Susunannya terdiri atas cerita bergambar dengan menggunakan beberapa panel berjajar yang isi ceritanya memiliki beberapa karakter. Dalam pembuatan comic strip ini, aplikasi yang digunakan adalah comic strip pro yang bisa diunduh di play store. Aplikasi ini bisa membuat komik menarik dengan jalan cerita yang sudah kita tentukan sendiri. Kelebihan aplikasi ini bisa menggunakan gambar atau foto dari galeri sendiri secara langsung,mengubah posisi, mengubah ukuran, memutar gambar.

Baca juga:   Pengaruh Internet Terhadap Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar

Pembelajaran dalam jaringan ini menggunakan aplikasi googleclassroom. Adapun Langkah-langkah dalam pembelajaran materi bangun ruang sisi datar menggunakan media comic strip dengan googleclassroom berbantuan benda nyata (corona) adalah 1) Guru melaksanakan preetest. 2) Guru menyajikan point-pont materi bangun ruang sisi datar berbantuan benda nyata dalam bentuk komik. 3) Guru membagikan komik berupa materi dan soal pemecahan masalah. 4) Guru membuka diskusi bersama didalam forum googleclassroom jika siswa mengalami permasalahan. 5) Siswa mengumpulkan dan menyerahkan tugas yang telah diposting melalui classwork. 6) Guru mengoreksi dan menyerahkan nilai dari tugas yang telah dikumpulkan. 7) Guru melakukan konfirmasi berupa umpan balik dan koreksi terhadap hasil pekerjaan kelompok. 8) Guru merekapitulasi nilai setiap individu siswa. Siswa nilai tertinggi diberi pengakuan atau penghargaan dari guru. 9) Guru dan siswa melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang telah dilaksanakan. 10) Untuk mengetahui pemahaman siswa dilakukan postest.

Penggunaan comic strip sangat efektif dan menarik minat siswa dalam belajar. Komik berisi serangkaian cerita bergambar yang menarik dan berwarna. Dengan comic strip para siswa dapat lebih mudah memahami isi pelajaran dengan baik, lebih menyenangkan dan memberikan pengaruh yang yang signifikan terhadap proses dan hasil pembelajaran di MTs Sholihiyyah Kalitengan Mranggen Demak. (gml2/ton)

Baca juga:   Melirik Pendidikan Kaum Difabel

Guru Matematika MTs Sholihiyyah Kalitengah Mranggen Demak

Author

Populer

Lainnya