Kembangkan Kreativitas Siswa melalui Seni Kolase dari Cangkang Telur

spot_img

RADARSEMARANG.ID, SENI merupakan suatu usaha untuk menciptakan bentuk-bentuk yang menyenangkan. Bentuk yang menyenangkan memberikan kepuasan, kesadaran akan keindahan. Rasa indah dapat terpenuhi apabila kita menemukan kesatuan atau harmoni dari hubungan bentuk-bentuk yang kita amati. Salah satu seni yang memiliki wujud nyata dan dapat dinikmati maupun diapresiasi secara visual keindahannya adalah seni rupa. Baik seni rupa murni maupun terapan.

Salah satu seni rupa terapan yang diminati siswa kelas I SD Negeri Plosowangi Kecamatan Tersono dalam kegiatan pembelajaran muatan pelajaran Seni Budaya dan Prakarya adalah menggambar dengan teknik kolase. Tujuan dari kolase adalah mampu menggerakkan motorik halus, dapat menstimulasi perkembangan kreativitas, melatih kosentrasi, daya serap dan emosi, melatih menyelesaikan tugas dengan baik serta meningkatkan kesabaran siswa. Dengan kesabaran dan ketelatenan dapat menghasilkan karya yang rapi dan menarik.
Yang menjadi pertimbangan dalam pembelajaran tersebut adalah menggunakan media yang menarik. Tanpa media yang menarik, kegiatan tersebut dapat membosankan siswa. Media yang digunakan seperti potongan kertas, kain perca, biji-bijian ataupun bahan lain seperti cangkang telur dengan cara merekatkan pada kertas atau bahan lain sesuai dengan pola yang sudah tersedia.

Baca juga:   Siswa Berhenti Merokok melalui Layanan Bimbingan Kelompok Model PBL

Dari berbagai media tersebut, penulis memilih menggunakan media cangkang telur dengan alasan cangkang telur banyak tergeletak di dalam tempat sampah, mudah diperoleh karena di sekitar tempat tinggal siswa banyak peternakan ayam petelur, lebih disukai, selain itu siswa dapat membuat karya yang beragam dan menarik. Alat dan bahan yang di perlukan untuk membuat kolase dengan media cangkang telur adalah cangkang telur, kertas manila, pola gambar, lem fox, dan cat warna.

Langkah-langkah guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran kolase dengan menggunakan cangkang telur yaitu: Pertama, guru menerangkan kegiatan yang akan dilaksanakan. Kedua, guru memperlihatkan media yang akan digunakan. Ketiga, guru menjelaskan cara membuat kolase dengan memberi contoh. Keempat, guru membimbing siswa dalam membuat kolase dengan cangkang telur.

Dalam pembuatan kolase pada umumnya siswa merasa senang akan hasil karya sendiri, meskipun kurang sempurna. Siswa merasa puas karena telah berhasil menyelesaikan tugas. Minat dan kreativitas siswa meningkat. Menuangkan ide-ide dalam sebuah karya. (gm1/zal)

Guru SDN Plosowangi Kabupaten Batang

Baca juga:   Menanamkan Karakter Unggah Ungguh melalui Pembelajaran Bahasa Jawa Berbasis Inquiry

Author

Populer

Lainnya