Tingkatkan Hasil Belajar Perkembangbiakan dengan Kooperatif Eksperimen

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PEMBELAJARAN merupakan proses interaksi antara peserta didik dengan pendidik yang menggunakan media atau metode tertentu untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam pembelajaran terjadi pemindahan sejumlah ilmu pengetahuan, kemampuan teknologi, kebudayaan, nilai-nilai maupun berbagai macam keterampilan. Oleh karena itu, dalam pembelajaran harus berlangsung secara nyaman, edukatif variatif, dan menantang bagi peserta didik. Tugas guru sebagai pendidk salah satunya memfasilitasi terjadinya pembelajaran seperti itu.

Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam merupakan pembelajaran yang membutuhkan daya ingat yang tinggi atau hafalan. Semakin tinggi tingkatan kelas makin luas cakupan materinya, bagi murid yang kurang menyukai, mata pelajaran IPA merupakan materi yang menjenuhkan.

Berdasarkan data yang diperoleh dari hasil tes formatif, prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Alam di kelas VI Semester 1 tahun pelajaran 2019/2020 SDN 2 Pandes Kecamatan Cepiring pada KD 3.1 Membandingkan cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan sebagian besar siswa masih di bawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yaitu 70% yaitu 16 siswa dari 23 siswa kelas VI, hanya 7 siswa yang telah memenuhi standar ketuntasan minimal dengan prosentase 30% dengan rata-rata kelas 54.

Baca juga:   5M dalam Pembelajaran Recount Text yang Berorientasi pada HOTS

Menyadari permasalahan tersebut, maka perlu adanya strategi yang tepat dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam. Salah satunya adalah pembelajaran Kooperatif Eksperiment dengan bantuan benda konkrit. Dengan pembelajaran tersebut diharapkan siswa dapat menggali dan menemukan pokok materi secara bersama-sama dalam kelompok atau individu.

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Eksperiment dengan bantuan benda konkrit, merupakan tindakan pemecahan masalah yang ditetapkan dalam upaya meningkatkan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam khususnya kompetensi dasar membandingkan cara perkembangbiakan hewan dan tumbuhan bagi siswa sehingga diharapkan dapat membantu para guru untuk mengembangkan gagasan tentang strategi kegiatan pembelajaran yang efektif dan inovatif serta mengacu pada pencapaian kompetensi individual masing-masing peserta didik.
Menurut Rusman (2011: 202) menyebutkan pembelajaran kooperatif merupakan bentuk pembelajaran dengan cara siswa belajar dan bekerja dalam kelompok-kelompok kecil secara kolaboratif yang anggotanya terdiri dari empat sampai enam orang dengan struktur kelompok yang bersifat heterogen. Tujuan pembelajaran kooperatif dikemukakan oleh Johnson & Johnson (Trianto, 2010: 57) bahwa tujuan pokok belajar kooperatif adalah memaksimalkan belajar siswa untuk peningkatan prestasi akademik dan pemahaman baik secara individu maupun secara kelompok.

Baca juga:   Video Pembelajaran Gairahkan Motivasi Belajar IPA

Langkah-langkah Pembelajaran Kooperatif Eksperiment adalah sebagai berikut: Guru menugaskan pada siswa untuk mengeluarkan buku pelajaran IPA dan membuka pada halaman yang telah ditentukan. Siswa membaca buku paket IPA secara berkelompok pada halaman yang sudah diperintahkan guru. Siswa membuat rangkuman bacaan dengan bantuan Guru tentang perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative alami dan buatan serta mencangkok.

Siswa diminta melaporkan hasil rangkuman materi pada secara bergantian tiap kelompok. Guru menugaskan siswa untuk keluar kelas mengamati tumbuhan disekitar sekolah sesuai dengan rangkuman yang telah dibuat. Guru bersama siswa menjelaskan langkah-langkah mencangkok tumbuhan. 7Guru mempraktekan mencangkok di luar kelas siswa diminta mengamati, setelah itu siswa diminta untuk bereksperimen sendiri sesuai dengan kelompoknya. Dengan penerapan Pembelajaran Kooperatif Eksperiment siswa mendapatkan pengetahuan sekaligus mempraktikkan pengetahuannya, sehingga saat dilakukan tes formatif hasil yang diperoleh meningkat signifikan dari 23 siswa, 21 siswa telah mencapai nilai KKM, dan hanya 2 siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan. (dar1/zal)

Guru SD Negeri 2 Pandes, Kecamatan Cepiring, Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya