Blended Learning Salah Satu Solusi Pembelajaran Masa Pademi Corona

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di era abad ke-21, disadari ataupun tidak, tantangan dunia pendidikan ke depan akan lebih berat. Oleh karena itu, pemanfaatan teknologi dan informasi menjadi salah satu alternatif solusi dalam menopang dan menggerakkan dunia pendidikan di kancah persaingan global, (Munir, 2009).

Blended learning merupakan salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan melalui penggunaan media berbasis TIK. Blended learning sebagai pembelajaran yang mengkombinasikan antara pembelajaran online dengan face-to-face, (Graham, 2005). Terdapat tiga komponen penting dalam model pembelajaran blended learning yaitu online learning, pembelajaran tatap muka, dan belajar mandiri. Peserta didik dapat belajar tanpa dibatasi oleh ruang dan waktu.

Pendidik yang bertugas di SMPN 8 Pontianak mencari solusi supaya dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menarik, efektif dan menyenangkan. Solusi yang dilakukan adalah menggunakan blended learning untuk pembelajaran. Namun, untuk tatap muka pendidik belum melaksanakan karena masa pademi corona. Pembelajaran pada KD 3.9 materi degree of comparison submateri kalimat perbandingan positif, komparatif dan superlatif dengan: as … as, -er, -est, more …, the most …, perbandingan jumlah: more, fewer, less digunakan blog. Topik yang dipilih adalah perbandingan orang, benda, binatang di kelas, sekolah, rumah, dan sekitarnya yang dapat menumbuhkan perilaku yang termuat di KI.

Baca juga:   Digital Flip Book Alternatif Pembelajaran Daring Bahasa Inggris

Sebagai besar peserta didik mempunyai gawai yang dapat digunakan untuk pembelajaran daring. Blog sangat sesuai dengan karakteristik (visual, audio dan kinestetik) peserta didik kelas VIII SMPN 8 Pontianak. Blog merupakan merupakan bentuk aplikasi web sebagai media publikasi untuk menyalurkan gagasan atau ide melalui tulisan. Blog bersifat dinamis yang dapat dimanfaatkan untuk pembelajaran. Blog mempunyai karakteristik sebagai berikut. Pertama, blog dapat dibuat dengan mudah, cepat dan murah. Kedua, blog dapat mengorganisir isi dan postingan bersifat sering, singkat dan padat. Ketiga, suara pembaca dapat dituliskan melalui fitur komentar dalam blog. Keempat, blog memposting materi dengan mudah tanpa harus belajar bahasa pemograman. Kelima, blog menyajikan link terkait yang terbubunga dengan materi. Keenam, blog menyajikan suara dan kepribadian penulis, (Wu, 2006).

Langkah-langkah membuat blog di blogger sebagai berikut. Pertama, akses website blogger di https://www.b;ogger.com. Ketika website sudah menampilkan halamannya, klik tombol create your blog. Setelah melakukan konfirmasi profil blog, isi kolom yang tersedia dengan nama blog yang ingin ditampilkan, kemudian klik lanjutkan ke blogger. Isilah title, address, dan theme. Setelah diisi dan dipilih theme sesuai kebutuhan muncul tampilan. Kedua, membuat post atau halaman konten. Untuk membuat post, klik menu post dan pilih tombol new post. Ketiga, klik theme pada pilihan menu di sebelah kiri. Pilih salah satu tema yang diinginkan dan install. Nanti akan muncul cuplikan singkat. Untuk install, klik tombol apply. Keempat, mengatur layout atau susunan elemen di blog klik tombol layout di menu. Kelima, terdapat tujuh submenu pada bagian pengaturan. Ketujuh submenu tersebut, yaitu basic; post, comments, and sharing; email; language and formatting; search preferences; other; dan user settings. (dar1/ton)

Baca juga:   Meningkatkan Keterampilan Membaca dan Menulis Teks Procedure dengan Snow Ball Throwing

Guru Bahasa Inggris SMPN 8 Pontianak

Author

Populer

Lainnya