Google Earth untuk Pembelajaran IPS Keren

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PELAJARAN IPS dimasa Disrupsi ini menjadi hal yang krusial bagi negara Indonesia. Apalagi dikaitkan dengan pernyataan Albert Einstein bahwa kegagalan pembelajaran IPS (politik dan yang sejenisnya) akan dapat merusak sendi-sendi kehidupan berbangsa dan bernegara (Zamroni, 2011). Tetapi minat belajar dan pemahaman materi siswa terhadap mata pelajaran IPS masih tergolong sangat rendah. Hal ini dapat dilihat pada sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran tidak fokus dan ramai sendiri. Metode yang konvensional seperti menjelaskan materi secara abstrak, hafalan materi dan ceramah dengan komunikasi satu arah, dan masih didominasi oleh pengajar. Akibatnya bagi siswa menjadi tidak tertarik dan cenderung malas untuk memperhatikan penjelasan dari pendidik. Kondisi pembelajaran seperti inilah yang mengakibatkan siswa kurang aktif, pembelajaran yang dilakukan kurang diminati dan prestasi anak tidak memuaskan. Untuk itu guru harus keluar dari zona nyaman dan kreatif menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa kembali berminat mengikuti kegiatan belajar mata pelajaran IPS.

Salah satu cara untuk membuat pembelajaran IPS menarik di MTs Sholihiyyah Kalitengah Mranggen Demak pada materi perubahan Negara-negara ASEAN adalah dengan pembelajaran menggunakan media Google earth. Google Earth merupakan sebuah program globe virtual yang sebenarnya disebut Earth Viewer dan dibuat oleh Keyhole, Inc.. Program ini memetakan bumi dari superimposisi gambar yang dikumpulkan dari pemetaan satelit, fotografi udara dan globe GIS 3D biasa digunakan untuk melihat gambaran lokasi. Google Earth merupakan salah satu fasilitas milik Google untuk melihat gambaran bumi secara 3D. Menjelajahi seluruh dunia dari atas dengan citra satelit dan medan 3D dari seluruh globe dan bangunan 3D di ratusan kota di seluruh dunia. Jadi siswa tidak perlu susah payah menghayal tentang bumi itu bulat tapi cukup menggunakan google earth dengan membesarkan skalanya saja sudah nampak. Oleh karena itu peranan google earth sangat penting dalam pembelajaran IPS karena dapat mempermudah atau mengenalkan Negara-negara dan kota didunia seperti melihat langsung.

Baca juga:   Pentingnya Guru Memahami Langkah-Langkah Membaca Permulaan

Langkah-langkah dalam pembelajaran materi Negara-negara ASEAN menggunakan media Google Earth adalah (1) siswa diminta untuk berkelompok dengan jumlah anggota 4 orang perkelompok, (2)Guru menyiapkan dan membuka situs https://www.google.com/intl/id/earth/ dan menunjukkan salah satu contoh Negara ASEAN dan kotanya kepada semua kelompok., (3) Guru memberi tugas kepada tiap kelompok Negara mana yang dicari (4)Tiap kelompok mengeksplor dan mempraktekkan mencari tentang tugas Negara masing-masing yang telah diberikan oleh guru. (5)Guru bertanya tentang letak,ibu kota dan Landmark tiap Negara masing-masing.(6)Tiap kelompok maju dan menunjukkan tentang letak,ibukota, dan landmark tiap negara masing-masing, (7)Guru dan siswa menyimpulkan pembelajaran yang telah dipelajari. (8)Siswa mengerjakan evaluasi dan guru melakukan Penilaian.

Hasil yang dapat diamati dari penerapan metode Google Earth ini adalah meningkatnya antusiasme edukatif yang tercermin dari keterlibatan siswa secara aktif selama proses pembelajaran dan pemahaman siswa akan materi. Suasana belajar dengan metode Google Earth, selain menumbuhkan kegembiraan dalam belajar, juga memberikan pengalaman belajar yang berkesan dan menyenangkan, Siswa dapat menjelajahi tiap jengkal wilayah ditiap Negara-negara ASEAN,sehingga mampu meningkatkan hasil belajar siswa, baik dari segi kognitif, afektif, maupun psikomotorik pada mata pelajaran IPS di MTs Sholihiyyah Kalitengah Mranggen Demak. Ini sesuai dengan tagline SDM unggul Indonesia Maju.dan madrasah Hebat bermartabat.Insya Allah. (gml2/zal)

Baca juga:   Pembahasan Tugas melalui Vidio Converens Tingkatkan Hasil Belajar Siswa

Guru IPS di MTs Sholihiyyah Kalitengah, Kabupaten Demak

Author

Populer

Lainnya