Tingkatkan Minat Belajar Bahasa Arab melalui Gambar

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PENGGUNAAN bahasa sangatlah penting,karena bahasa merupakan pembawa pesan dari yang ingin disampaikan seseorang kepada orang lain.Kebutuhan orang berbahasa adalah agar mampu merujuk obyek kedunia nyata,misalnya mampu menyebut nama,peristiwa dan ciri-ciri benda dengan kata-kata tersebut kedalam sebuah kalimat sehingga ia mampu menyusun proposisi atau rangkaian kata utuh.

Dengan demikian pembelajaran bahasa Arab dapat didefinisikan sebagai upaya membelajarkan siswa untuk belajar bahasa Arab. Guru sebagai fasilitator dengan mengorganisasikan berbagai unsur agar memperoleh tujuan yang ingin dicapai.Dalam pembelajaran bahasa Arab hendaknya mengacu pada upaya membina dan mengembangkan keempat segi kemampuan bahasa yaitu kemampuan menyimak (istima’),berbicara (kalam),membaca (qiraah),dan menulis (kitabah).

Proses belajar mengajar tidak bisa terlepas dari peran media,sebab media pembelajaran merupakan suatu bagian integral dari proses pendidikan di madrasah.Kedudukan media pengajaran ada dalam komponen proses belajar mengajar sebagai salah satu upaya untuk mempertinggi interaksi guru-siswa dan interaksi siswa dengan lingkungannya.

Beberapa faktor yang menyebabkan ketidak berhasilan dalam pembelajaran bahasa Arab diantaranya faktor dari siswa yang menganggap bahasa Arab sebagai pelajaran yang sulit,dan kurangnya kepercayaan diri mereka dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Arab.Selain itu kurangnya media dan sarana yang mendukung siswa untuk belajar bahasa Arab termasuk kurangnya kompetensi guru bahasa Arab.

Baca juga:   Siapa Guru Pengajar Prakarya SMP?

Pengajaran yang banyak menggunakan verbalisme tentu akan cepat dan sangat membosankan. Sebaliknya pengajaran akan lebih menarik bila siswa gembira atau senang karena mereka merasa tertarik dengan pelajaran yang diterimanya.

Dalam pembelajaran bahasa Arab untuk penguasaan mufrodat hendaknya gambar yang digunakan dalam pembelajaran bahasa Arab adalah gambar yang berbentuk sederhana dan sesuai realita.Adapun media gambar yang digunakan untuk media pembelajaran bahasa Arab pada aspek mufradat adalah gambar yang bersumber dari buku pelajaran,majalah-majalah dan bisa juga dari internet namun disesuaikan dengan materi yang akan disampaikan.

Dengan demikian penulis membuat langkah-langkah yang harus dilakukan dalam pembelajaran bahasa Arab kelas I MI NU 13 Gebanganom Wetan :

Pertama kegiatan perencanaan,sebelum mengajar di kelas guru terlebih dahulu membuat perencanaan mengajar.Perencanaan mengajar pada hakekatnya adalah rencana untuk mengatur dan menetapkan komponen-komponen pengajaran yang meliputi perumusan tujuan pembelajaran,pemilihan bahan/materi dan media pembelajaran,menetapkan metode pengajaran,serta evaluasi.

Kedua kegiatan inti,guru melakukan apersepsi untuk mengetahui pengetahuan awal siswa terhadap materi yang akan diajarkan.Dalam proses pembelajaran guru melakukan penggunaan media gambar yang bervariasi yang diminati oleh siswa.

Baca juga:   Penggunaan Instagram sebagai Sarana Pembelajaran Menulis Puisi

Ketiga kegiatan akhir pembelajaran ,guru mengadakan evaluasi berupa tes lisan serta hafalan mufradat masing-masing siswa menjawab pertanyaan yang diajukan guru.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukukan oleh peneliti mengenai penggunaan media gambar dalam pembelajaran bahasa Arab untuk penguasaan mufradat di MI NU 13 Gebanganom Wetan dapat meningkatkan minat belajar siswa sehingga hasil ulangan harian dapat dicapai sesuai yang ditargetkan yaitu sebagian besar siswa memperoleh nilai diatas kriteria ketuntasan minimal. (ikd2/zal)

Guru MI NU 13 Gebanganom Wetan

Author

Populer

Lainnya