Mind Mapping Pohon, Tingkatkan Minat Menulis Kalimat Sebab Akibat

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DALAM kegiatan pembelajaran bahasa Inggris, model pembelajaran yang menyenangkan sangat diperlukan mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa kedua setelah bahasa Indonesia. Metode pembelajaran yang dilakukan berperan sangat penting di dalam kegiatan pembelajaran. Rata-rata siswa akan cenderung cepat bosan dan tidak menyukai kelas bahasa Inggris yang berlangsung selama hampir dua jam. Pada saat pembelajaran di dalam kelas peserta didik seringkali kesulitan dalan menuangkan ide ataupun gagasan mereka ketika menulis. Hal inilah yang menjadi alasan penulis untuk melakukan strategi pembelajaran dengan metode mind mapping pohon untuk meningkatkan minat menulis kalimat sebab akibat (cause and effect) di kelas XI MIPA maupun IPS di SMAN 1 Pegandon. Metode ini diterapkan agar dapat menciptakan situasi dan kondisi dimana siswa dalam memproses informasi menjadi lebih mudah dan lebih cepat dipahami.

Mind mapping pohon merupakan salah satu tipe mind mapping (pemetaan pikiran) yang sangat simple dibanding dengan mind mapping lainnya. Pembuatannya pun juga sangat mudah karena hanya menggambar pohon saja. Mind mapping pohon adalah cara yang efektif untuk mengelola gagasan menggunakan gambar, garis maupun warna. Sehingga peserta didik lebih mudah memahami atau menghafal sebuah materi. Mind mapping pohon juga merupakan salah satu cara untuk mengembangkan kegiatan berpikir dari yang tadinya satu arah menjadi ke segala arah. Mind mapping pohon mengembangkan cara berpikir yang bercabang cabang dan kreatif.

Baca juga:   Keluarga dan Keberhasilan Pendidikan Anak

Sedangkan kalimat sebab akibat (cause and effect) adalah kalimat yang digunakan untuk menunjukkan situasi yang menyebabkan terjadinya situasi lainnya. Situasi yang menjadi penyebab dinamakan cause (sebab) dan situasi yang menjadi akibat dinamakan effect (akibat). Dalam kalimat sebab akibat, induk kalimat menyatakan sebab, dan anak kalimat menyatakan akibat. Keduanya dihubungkan oleh kata sambung.

Untuk kegiatan pembelajaran menulis kalimat sebab akibat ini, penulis selaku guru mata pelajaran bahasa inggris memberikan penugasan kepada peserta didik membuat kelompok terdiri dari empat anggota. Mereka berdiskusi membuat kalimat sebab akibat dengan memilih salah satu dari tiga topic yang sudah disediakan. Peserta didik menuangkan gagasan dalam bentuk gambar pohon, menuliskan kalimat sebab, pokok dari topic pembahasan di tengah tengah (pada batang pohon) dan kalimat akibat pada cabang cabang pohon, sebagai point point penting yang menghubungkan antara topic utama dengan turunan tersebut. Mereka boleh berkreasi menggambar pohon sebagus mungkin. Penambahan aneka warna sangat dianjurkan agar gambar pohon lebih menarik. Hasil dari kegiatan mereka di presentasikan ke depan kelas. Gambar yang paling bagus dan menarik di tempel di mading kelas

Baca juga:   Mind Mapping Tingkatkan Hasil Belajar IPA

Yang menarik dari pembelajaran mind mapping pohon ini adalah selain meningkatkan keterampilan menulis, keterampilan berbicara juga meningkat karena pada saat presentasi mereka menyampaikan dengan lisan di depan kelas. Termin tanya jawab juga dibuka sehingga ada kegiatan saling berinteraksi. Dengan demikian peserta didik mampu belajar lebih banyak dan mendapat pengalaman menarik dari kegiatan mereka. Mereka mampu bekerja lebih aktif, lebih mandiri, dan menghilangkan rasa bosan ketika harus belajar di dalam kelas. Dengan kegiatan mind mapping ini diharapkan mampu meningkatkan minat menulis kalimat sebab akibat peserta didik dan tentunya juga dapat meningkatkan nilai akademis mereka. (ikd2/zal)

Guru Bahasa Inggris SMAN 1 Pegandon

Author

Populer

Lainnya