Kreatif Belajar Teks Prosedur dengan Model Picture and Picture

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DALAM materi Bahasa Indonesia SMK terdapat materi menyusun teks prosedur. Peserta didik dalam materi ini diharapkan dapat melakukan kegiatan sesuai rangkaian petunjuk melakukan sesuatu kegiatan dengan benar dan efektif. Misalnya tata cara menggunakan alat-alat elektronik, menyebutkan tips, ataupun langkah-langah membuat sesuatu berdasarkan pentunjuk yang ada. Untuk melakukan kegiatan ini dengan benar, peserta didik harus dapat memahami tahap demi tahap kegiatan ataupun proses berlangsungnya suatu kegiatan dengan benar agar kegiatan yang ingin dicapai bisa terlaksana dengan baik.

Dalam pembelajaran, seorang guru dituntut tidak hanya menyampaikan materi pembelajaran dengan baik, tetapi juga harus menciptakan proses pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Dengan begitu, kegiatan belajar akan lebih efektif dan tujuan belajar akan tercapai secara maksimal. Dengan demikian guru harus mampu menentukan model pembelajaran yang tepat sesuai sasaran materi yang ingin dicapai.

Untuk mencapai tujuan tersebut, penulis mengajarkan materi teks prosedur ke peserta didik dengan memilih model pembelajaran Picture And Picture. Menurut Suprijono (dalam huda 2014:236), Picture And Picture merupakan strategi pembelajaran yang menggunakan gambar sebagai media pembelajaran. Strategi ini hampir sama dengan metode Example Non- Example, dimana gambar yang diberikan pada siswa harus dipasangkan atau diurutkan secara logis.

Baca juga:   Meningkatkan Percaya Diri Siswa dalam Berpidato dengan ATM

Gambar-gambar ini menjadi perangkat utama dalam proses pembelajaran. Sedangkan teks prosedur menurut Ismail Pasya (1994:74), prosedur adalah suatu rangkaian tugas-tugas yang saling berhubungan yang merupakan urutan-urutan menurut waktu dan tata cara tertentu untuk melaksanakan suatu pekerjaan yang dilaksanakan berulang-ulang.

Dalam praktik pembelajaran di kelas, saya menugaskan peserta didik untuk mengurutkan sepuluh gambar prosedur pembuatan SIM (Surat Izin Mengemudi) yang masih acak. Peserta didik secara antusias mengurutkan gambar-gambar teks prosedur yang acak tersebut sehingga mejadi sebuah teks prosedur pembuatan SIM yang urut. Dalam kegiatan ini saya mencermati bahwa proses pembelajaran begitu menyenangkan dan tidak ada siswa yang melakukan kegiatan di luar kegiatan pembelajaran.

Dengan demikian, model pembelajaran Picture And Picture sangatlah tepat digunakan untuk pembelajaran teks prosedur. Hal ini terlihat dari hasil evaluasi untuk materi teks prosedur kompleks peserta didik mengalami peningkatan dibandingkan dengan hasil evaluasi sebelum saya menggunakan model pembelajaran Picture And Picture dan tidak ada siswa yang harus melakukan remedial di materi ini. (ikd2/ida)

Baca juga:   Meningkatkan Keterampilan Menulis Teks Recount dengan LSB

Guru Bahasa Indonesia SMKN 3 Kendal

Author

Populer

Lainnya