Pembelajaran Sebuah Teks Ilmiah Fakta pada Masa Pandemi Covid-19

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Sejak diberlakukan pembelajaran jarak jauh oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah dalam rangka memutus penyebaran virus korona di Jawa Tengah, maka SMKN 11 Semarang mengeluarkan surat edaran pemberlakuan kegiatan belajar mengajar di rumah masing-masing.

Pandemi merupakan penyakit yang menyebar secara global meliputi area geografis yang luas.Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), pandemi ini tidak ada hubungannya dengan tingkat keparahan penyakit, jumlah korban atau infeksi akan tetapi pandemi berhubungan dengan penyebaran secara geografis.

Penulis mencoba mengaplikasikan pembelajaran kontekstual yang sedang dihadapi siswa pada masa pandemi Covid-19.Adapun materi yang diterapkan adalah sebuah teks fakta eksposisi analitis (analytical exposition text), sesuai yang tercantum dalam silabus bahasa Inggris SMK kelas XI dengan Kompetensi Dasar yang berbunyi ”Menyusun teks eksposisi analitis tulis, terkait isu aktual, dengan memperhatikan fungsi sosial,struktur teks,dan unsur kebahasaan, secara benar dan sesuai konteks.”

Teks eksposisi analitis merupakan sebuah teks yang menjelaskan pandangan penulis mengenai suatu isu dengan tujuan membuat pembaca/pendengar sadar akan suatu isu yang diangkat oleh penulis atau pembicara.

Baca juga:   Peran Guru BK dalam Masa Pandemi Covid-19

Menyampaikan tujuan pembelajaran serta metode mengajar yang digunakan sangatlah penting pada tahap pembukaan. Sebelum proses pembelajaran dimulai serta memastikan para siswa sudah bergabung dalam kelas jarak jauh dengan cara mengontrol kehadiran mereka melalui grup WA.
Secara berurutan para siswa menyebutkan satu kata kerja terkait isu yang akan dibahas. Kemudian pada tahap berikutnya yaitu kegiatan inti, penulis mengajak siswa kelas XI Desain Grafis 2 SMKN 11 Semarang dalam discovery learning terkait materi teks eksposisi analitis serta memandu mereka untuk menemukan fungsi sosial, struktur teks dan unsur-unsur kebahasaan sebelum mereka praktik menulis sebuah teks yang benar.

Pada pertemuan berikutnya penulis menggunakan Google Classroom untuk pembelajaran jarak jauhnya. Para siswa bisa menyampaikan pendapatnya tentang hasil penemuannya pada pertemuan sebelumnya. Langkah berikutnya yaitu penulis meminta siswa untuk menentukan topik yang akan dibahas terkait dengan masalah Covid 19.

Ada beberapa topik yang disampaikan siswa terkait dengan isu yang sedang terjadi saat ini dan sangat perlu untuk dibahas/didiskusikan. Setelah topik dipilih (setiap siswa boleh berbeda asalkan masih terkait Covid-19), siswa diajak menulis paragrah pertama yang berisi pengenalan topik yang akan dibahas/dipermasalahkan (thesis).

Baca juga:   Tingkatkan Semangat Belajar Bahasa Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19

Setelah beberapa waktu mereka menulis kemudian diskusikan dari salah satu pekerjaan siswa. Begitu seterusnya sampai pada pada paragraf penutup (closing) dengan tetap memperhatian unsur-unsur kebahasaan yang digunakan dalam menulis sebuah teks eksposisi analitis.
Dengan demikian pembelajaran teks eksposisi analitis melalui discovery learning dengan isu/masalah pandemi Covid-19 yang sedang dialami siswa saat ini akan lebih bermakna. Sehingga akan menumbuhkan karakter mandiri, kerja keras serta karakter baik yang lainnya dan akan meningkatkan kompetensi menulis sebuah teks secara kontektual. (gml2/lis)

Guru Bahasa Inggris SMKN 11 Semarang

Author

Populer

Lainnya