Memaknai Lagu Bahasa Inggris Asyik dengan Aplikasi Google Classroom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Di tengah pandemi korona sekarang ini, di mana peserta didik dan guru diharuskan belajar dan mengajar dari rumah sangat membutuhkan aplikasi pembelajaran online. Kondisi semacam ini membuat penulis mencari aplikasi pembelajaran online untuk diterapkan dalam proses belajar mengajar kelas VII SMP Negeri 29 Semarang. Pengertian belajar online secara umum adalah suatu pembelajaran yang dilakukan secara elektronik dengan menggunakan media berbasis komputer serta jaringan. Belajar online dikenal juga dengan istilah pembelajaran elektronik, e-Learning, online learning, internet-enabled learning, virtual learning, atau web-based learning. (Kanal Pengetahuan: 19 september 2015).

Alasan menggunakan sistem pembelajaran online adalah banyaknya keuntungan yang diberikan, di antaranya fleksibel terhadap waktu dan tempat, dan menjangkau seluruh daerah. Sedangkan kekurangannya adalah untuk terkoneksi dengan aplikasi tersebut kita membutuhkan kuota internet yang bagi beberapa peserta didik dirasa agak memberatkan bagi siswa yang kurang mampu.

Setelah mempertimbangan keuntungan dan kekurangan aplikasi online, penulis mencoba menggunakan aplikasi Google Classroom untuk mengadakan pembelajaran online dengan materi memaknai lagu untuk siswa kelas VII SMP Negeri 29 Semarang.

Baca juga:   Islam dan Kebudayaan

Google Classroom adalah produk Google yang berhubungan dengan gmail, drive, hangout, Youtube dan calender. Falilitas yang disediakan memudahkan guru dalam proses pembelajaran dengan mengaksesnya secara online. Aplikasi ini sangat sesuai digunakan di tengah kondisi pandemi korona dan mengurangi tingkat kebosanan peserta didik. Sehingga menimbulkan suasana yang interaktif dan menyenangkan.

Cara mengakses Google Classroom yang paling mudah adalah lewat Playstore kita ketikkan Google Classroom, lalu download aplikasinya. Buka dan instal di handphone masing-masing atau kita bisa menggunakan laptop.

Untuk login untuk pertama kali kita bisa buka classroom.google.com, lalu klik buka Classroom. Masukkan nama pengguna, lalu klik berikutnya. Masukkan sandi Anda klik berikutnya. Jika ada pesan selamat datang, baca pesan tersebut, lalu klik terima. Untuk bergabung dengan kelas, kita memiliki dua cara, yaitu : pertama, peserta didik bisa bergabung di kelas kita melalui kode yang kita atau guru berikan dengan menggunakan aplikasi WhatsApp untuk menggirim kode melalui group masing masing kelas. Kedua, guru mengundang peserta didik melaui Gmail masing-masing peserta didik.

Ada empat tampilan dalam Google Classroom, yaitu forum (stream), tugas kelas (classwork), anggota (people) dan seperti daftar nilai (grades). Kita bisa menyapa peserta didik dengan mengklik forum/stream. Tampilan tugas kelas atau classwork kita gunakan untuk memberikan tugas kepada peserta didik dengan mengunduh lagu dari Youtube yang bertema korona atau persahabatan. Para siswa bisa mengakses lagu tersebut dan menjawab dengan menulis serta mencari pesan moralnya. Kita bisa melihat berapa atau siapa yang masuk dalam kelas kita melalui tampilan anggota atau people. Sedangkan tampilan grade untuk mengetahui berapa atau pekerjaan peserta didik yang sudah masuk, peserta didik yang aktif, kita beri penghargaan melalui komentar pada tampilan stream atau melalui komentar pribadi pada tampilan tugas kelas.

Baca juga:   Pengajaran Bahasa Inggris Asyik dengan Sway

Penulis menganggap aplikasi ini sangat membantu proses belajar mengajar di tengah pandemi korona atau bisa digunakan untuk pembelajaran online ke depannya. Pembelajaran online ini menyenangkan dilihat dari tanggapan peserta didik. Mereka berpendapat aplikasi ini menyenangkan dan memudahkan mereka dalam pengumpulan tugas dan berinteraksi secara online. (gml2/aro)

Guru Bahasa Inggris SMP Negeri 29 Semarang

Author

Populer

Lainnya