Asyiknya Belajar Daring dengan Google Classroom

spot_img

RADARSEMARANG.ID, ADANYA surat pemberitahuan dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kendal maka kegiatan di sekolah diliburkan dan menggantinya dengan belajar jarak jauh di rumah untuk mencegah penyebaran corona virus disease (Covid-19). Melalui pembelajaran daring atau belajar jarak jauh dilaksanakan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna bagi siswa, tanpa terbebani tuntutan menuntaskan seluruh capaian kurikulum untuk kenaikan kelas maupun kelulusan. Secara ideal informasi pencapaian hasil belajar adalai nilai siswa. Salah satu cara mendapatkan nilai tersebut dengan tes atau penugasan. Akan tetapi dalam proses belajar jarak jauh ini berbeda. Bukti atau produk aktivitas belajar dari rumah diberi umpan baik yang bersifat kualitatif dan berguna bagi guru, tanpa diharuskan memberi skor atau nilai kuantitatif.

Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) saat ini sangat pesat. Salah satunya dalam bidang media pembelajaran salah satu contohnya Google Classroom. Ini adalah produk google yang terhubung dengan gmail, drive, hangout, youtube dan calendar yang dalam. Banyaknya fasilitas yang disediakan google classroom akan mempermudah guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran. Pembelajaran yang dimaksud bukan di kelas saja, melainkan di luar kelas karena peserta didik dapat melakukan pembelajaran dimana pun dan kapan pun dengan mengakses google classroom secara online. Ketika siswa belajar daring atau jarak jauh, penulis menerapkan media pembelajaran google classroom untuk siswa kelas VIA SDN 2 Campurejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal. Setiap metode pembelajaran harus mengandung rumusan pengorganisasian bahan pelajaran, strategi penyampaian, dan pengelolaan kegiatan dengan memperhatikan faktor tujuan belajar, hambatan belajar, karakteristik peserta didik, agar dapat diperoleh efektivitas, efisiensi, dan daya tarik pembelajaran (Miarso, 2004).

Baca juga:   Metodologi Pembelajaran Agama Islam di Masa Pandemi

Google Classroom adalah suatu learning management system yang dapat digunakan untuk menyediakan bahan ajar, tes yang terintegrasi penilaian. Berbeda dengan media pembelajaran yang lain keunggulan media Google Classroom adalah masalah efektivitas dan efisiensi dalam pembelajaran. Penulis membimbing peserta didik untuk membuat grup pada whatsapp kemudian mulai menggunakan media Google Classroom. Untuk memulai menggunakan Google Classroom terlebih dahulu masuk dalam akun Google dan kemudian mencari produk Google tersebut. Setelah masuk pada akun Google Classroom dihadapkan pada tiga menu utama yaitu stream/aliran, classwork/aktivitas siswa dan people. Stream adalah fasilitas Google Classroom yang dapat digunakan untuk membuat pengumuman, mendiskusikan gagasan atau melihat aliran tugas, materi, quiz dari tpik-topik yang diajarkan guru. Classwork dapat digunakan untuk membuat soal pre test, quiz, menggunggah materi berupa file word, power point, pdf maupun video maupun soal tes sebagai bahan ajar peserta didik selama daring.

Selama penulis menggunakan media Google Classroom pembelajaran daring atau jarak jauh sangatlah membantu menambah pengetahuan peserta didik, diperolehnya keterampilan atau kecekatan, dan berubahnya sikap seseorang yang telah belajar. Classroom dibuat bersama dengan pengajar untuk mengorganisasi tugas sehari-hari, berkomunikasi, dan mendorong kolaborasi yang lebih besar. Peserta didik sangat antusias dalam menerima materi ataupun tugas yang diberikan. Tidak hanya materi, salah satu bentuk pembelajaran kecakapan hidup yang relevan dengan proses belajar darurat korona adalah Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Google Classroom telah terbukti dapat menunjang keberhasilan belajar mengajar karena dapat dipadukan dengan model atau metode apapun. (dar1/ida)

Baca juga:   Poster Pameran melalui Google Classroom pada Pembelajaran Kelas IX di Masa Pandemi Covid-19

Guru SDN 2 Campurejo Kecamatan Boja Kabupaten Kendal

Author

Populer

Lainnya