Pahami Konsep Pendapatan Nasional dengan Take and Give

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DEWASA ini diera yang serba digital dan modern kata take and give adalah hal yang sudah tidak asing lagi ditelinga siswa. Penggunaan model pembelajaran Take and give sendiri dalam pengertiannya merupakan model pembelajaran menerima dan memberi menuntut siswa untuk mampu memahami materi pelajaran yang diberikan guru dan teman sebayanya atau siswa lain. Dengan mengajar teman sebaya memberikan kesempatan kepada siswa atau peserta didik untuk mempelajari sesuatu yang baik pada waktu yang sama saat ia menjadi nara sumber bagi yang lain. Menurut beberapa ahli percaya bahwa suatu mata pelajaran benar benar banyak dikuasai apabila peserta didik mampu mengajarkan kepada peserta didik yang lain.

Pemilihan materi yang sesuai untuk model pembelajaran yang diterapkan di SMAN 1 Pegandon ini adalah yang mengandung informasi yang singkat, jelas dan padat. Menekankan unsur ingatan dengan materi yang ringan dan mudah. Pembelajaran model ini pun tidak memerlukan pemahaman materi dengan teknik pelajaran praktek maupun diskusi.

Dengan persiapan guru menyampaikan materi hanya dengan bahan bacaan dan tiap siswa yang telah dipasangkan memiliki materi yang beda dan saling melengkapi, sehingga siswa benar benar diharapkan dapat menggabungkan beberapa materi yang ada. Dalam melakukan metode take and give ini ada beberapa langkah yang harus dilakukan oleh guru yang pertama siapkan kelas, kedua jelaskan materi sesuai topic menit, ketiga mantapkan penguasaan siswa dan tiap siswa diberi masing masing satu kartu untuk dipelajari atau dihafal kurang lebih 5 menit, keempat tiap siswa diminta untuk berdiri mencari pasangan untuk saling menginformasikan materi sesuai kartu masing masing serta mencata nama pasangannya pada kartu control. Demikian seterusnya sampai tiap siswa dapat saling memberi dan menerima materi masing masing. Untuk mengevaluasi keberhasilan berikan siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya atau kartu orang lain
Dalam mengajar materi ekonomi kelas XI IPS di SMA Pegandon tentang materi Pendapatan Nasional membutuhkan model pembelajaran yang menyesuaikan dengan karakter siswa agar siswa tidak jenuh dan bosan. Siapkan kartu dengan ukuran 10 x 15 cm untuk sejumlah siswa, setiap kartu berisi nama siswa, bahan belajar atau sub materi pendapatan nasional dan nama yang diberi informasi, kompetensi dan sajian materi yang yang harus dihafal oleh siswa. Masing masing siswa mencari pasangan untuk menginformasikan materi yang berhubungan dengan materi Pendapatan Nasional dan tiap siswa mencatat nama pasangannya pada kartu kontrolnya, demikian seterusnya sampai setiap siswa dapat saling memberi dan menerima informasi materinya dan untuk mengevaluasi keberhasilan berikanlah siswa pertanyaan yang sesuai dengan kartunya ( kartu orang lain). Dengan penggunaan pembelajaran take and give ini ternyata siswa akan lebih cepat dalam memahami materi dan informasi dari guru dan siswa lainnya serta dapat menghemat waktu.

Baca juga:   Metode SQ3R dalam Pembelajaran IPS di SMP Negeri 2 Banyudono

Model pembelajaran ini tidak kaku karena seorang guru boleh memodifikasi penggunaannya sesuai keinginan dan kebutuhan situasi pembelajaran. Lewat pembelajaran take and give inilah materi akan lebih terarah karena guru terlebih dahulu menjabarkan uraian materi sebelum dibagikan kepada siswanya serta dapat melatih siswa untuk bekerjasama, menghargai kemampuan orang lain dan dapat meningkatkan tanggung jawab siswa karena masing masing siswa harus betanggung jawab terhadap kartu yang diberikan, sehingga pembentukan karakter siswa dan pengetahuan tentang materi dapat dikuasai. (ikd1/zal)

Guru Ekonomi SMAN 1 Pegandon

Author

Populer

Lainnya