Meningkatkan Kemampuan Menulis Bahasa Inggris lewat WhatsApp

spot_img

RADARSEMARANG.ID, PERKEMBANGAN teknologi komunikasi yang semakin maju mau tidak mau harus diikuti oleh segala lapisan masyarakat baik tua atau muda, tidak terkecuali remaja yang berusia sekolah dalam hal ini murid di SMP Negeri 1 Rowosari. Perkembangan teknologi komunikasi tidak hanya pada perangkat keras tetapi juga pada perangkat lunak termasuk juga aplikasi. Salah satu aplikasi yang berkembang sangat cepat adalah aplikasi kirim pesan atau short message. Membahas tentang pengertian short message berarti kita perlu mengingat sedikit tentang fungsi atau arti penting dari sebuah bahasa. Sebuah bahasa dalam suatu komunitas memiliki peranan agar masing-masing anggota dalam komunitas tersebut bisa saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya. Poin penting dalam kegiatan komunikasi adalah memastikan ide yang ada dalam pikiran kita tersampaikan dengan baik kepada target (pendengar atau pembaca). Bukti bahwa ide pikiran kita tersampaikan dengan baik adalah si pendengar atau pembaca itu mengerti maksud yang ingin kita sampaikan. Jadi bisa kita katakan bahwa selama pembicara dan pendengar bisa saling mengerti maksud yang diungkapkan, meskipun hanya dengan mengeluarkan satu kata saja, tapi fungsi bahasa sebagai alat komunikasi sudah terpenuhi.

Baca juga:   Dongkrak Aktivitas Belajar di Masa Pandemi dengan SOLE

Dalam mata pelajaran Bahasa Inggris di SMP Negeri 1 Rowosari kelas IX, seorang siswa diharuskan bisa membuat suatu kalimat atau kata-kata yang berisi pesan tertentu dengan maksud dan tujuan tertentu kepada orang lain atau penerima short message. Dalam pembuatan short message siswa dituntut harus bisa mengejawantahkan pesan tersebut agar bisa dipahami oleh pihak lain baik berdasarkan tata bahasa, berdasarkan makna yang terkandung dan berdasarkan tujuan yang ingin disampaikan oleh si pengirim.

Perkembangan teknologi komunikasi terutama Smartphone yang sangat cepat terutama untuk aplikasi pengiriman pesan yang jaman dahulu hanya sebatas SMS, MMS mulai ditinggalkan oleh pengguna smartphone dikarenakan adanya aplikasi pengiriman pesan yang lebih mudah, lebih cepat dan berbiaya murah yaitu WhatsApp. Saat ini hampir setiap manusia dengan berbagai macam usia tidak bisa melepas ketergantungan dari smartphone. Dengan media WhatsApp pembelajaran menulis pesan akan lebih menarik bagi siswa.

Kemampuan menulis Bahasa Inggris siswa di SMP Negeri 1 Rowosari kelas IX bisa ditingkatkan oleh guru mata pelajaran Bahasa Inggris dengan cara bagaimana siswa tersebut bisa menulis pesan dengan menggunakan bahasa Inggris, contohnya mengingatkan teman dengan menggunakan bahasa Inggris lewat whatsApp grup khusus mata pelajaran Bahasa Inggris. Sebagai seorang guru wajib membetulkan jika ada siswa yang salah dalam menuliskan pesan menggunakan bahasa Inggris. Guru juga memberi apresiasi terhadap siswa yang benar dalam menuliskan pesan. Selain itu, guru juga harus memberikan semangat kepada siswa yang kurang aktif agar siswa lebih aktif dan percaya diri. Dengan begitu kreativitas siswa tersebut terasah dan kemampuan penguasaan kosa kata bahasa Inggris siswa juga meningkat. Hal ini terjadi karena siswa di SMP Negeri 1 Rowosari kelas IX merasa senang, merasa ada kebutuhan yang saling menguntungkan antara tujuan yang ingin dicapai oleh guru dalam hal ini nilai akademik siswa, serta siswa membutuhkan ini dengan tujuan agar pesan yang ingin disampaikan kepada orang lain dapat dipahami. (ikd2//zal)

Baca juga:   Belajar Adjective Asyik dengan WordWall

Guru Bahasa Inggris SMPN 1 Rowosari

Author

Populer

Lainnya