Bermain dengan Model Group Investigation untuk Identifikasi Volume BaRu

spot_img

RADARSEMARANG.ID, Matematika adalah salah satu pelajaran wajib di semua jenjang pendidikan. Pembelajaran matematika memberi bekal kemampuan berpikir logis, analitis, sistematis, dan kreatif, serta kemampuan bekerja sama. Kemampuan tersebut nantinya bermanfaat bagi siswa, untuk dapat bertahan hidup pada keadaan yang selalu berubah, tidak pasti, dan kompetitif serta zaman semakin canggih.

Banyak siswa menganggap matematika itu ilmu yang abstrak, teoretis, dan penuh dengan lambang-lambang serta rumus-rumus yang sulit, sehingga menjadi kurang menyenangkan.

Menurut Zamroni (2003:45) objek kajian matematika yang abstrak tersebut seringkali tidak ditunjang dengan model pembelajaran matematika yang tepat. Permasalahan yang sering muncul adalah masih banyak guru yang menggunakan model pembelajaran konvensional. Guru mengajarkan matematika, kemudian memberi contoh dan latihan. Sementara di sisi lain, siswa mendengarkan, membuat catatan dan mengerjakan latihan yang diberikan guru, sehingga pembelajaran menjadi kurang bermakna. Siswa menjadi pasif dalam pembelajaran serta hasil belajarpun masih sangat rendah.

Maka, penulis tergugah melakukan pembelajaran yang lebih menyenangkan dan lebih mengena, sehingga prestasi siswa kelas 5 di SDN 01 Wisnu Kecamatan Watukumpul Kabupaten Pemalang bisa naik. Model pembelajaran yang digunakan untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar adalah dengan menerapkan pembelajaran group investigation. Yang dimaksud keaktifan siswa dalam pembelajaran ini adalah pertama perhatian dan antusias siswa dalam mengikuti pelajaran. Kedua kebebasan melakukan sesuatu hal (kemandirian belajar). Ketiga melibatkan siswa untuk belajar langsung dari media/alat peraga. Keempat kesadaran siswa untuk mengerjakan tugas-tugasnya. Kelima kesiapan dan kesediaan siswa dalam mempresentasikan hasil kerja kelompoknya.

Baca juga:   Perlukah Guru Mengajarkan Tata Bahasa?

Penerapan metode group investigation dengan membagi siswa dalam kelompok kecil antara empat sampai lima siswa. Anggotanya heterogen kemampuannya agar bisa saling melengkapi. Pada waktu pembelajaran guru sudah menyiapkan alat peraga atau bahan untuk tugas kelompok tersebut. Sebelum tugas diberikan guru memberikan penjelasan tentang investigasi yang akan dilakukan grup siswa tersebut. Beberapa contoh yang dikerjakan yaitu mengukur volume balok dengan peraga krat berisi balok satuan, lemari yang berisi buku penuh untuk dicari volumenya. Masing-masing grup untuk menemukan volume benda yang berbeda antargrup dan telah ditentukan oleh guru. Dengan mengukur secara langsung benda tersebut, otomatis semua anggota grup bekerja sama untuk mengungkapkan cara atau metode untuk mengukur benda yang telah tentukan untuk kelompoknya. Dalam kegiatan ini guru sebagai fasilitator, konselor, motivator dan sebagai pembimbing jika ada grup yang mengalami kendala.

Kegiatan pembelajaran ini meningkatkan keaktifan siswa yang secara otomatis juga meningkatkan prestasi hasil belajarnya. Hal ini dibuktikan dengan hasil belajarnya yang meningkat melebihi kriteria ketuntasan, daripada pembelajaran sebelumnya.

Baca juga:   Belajar Peristiwa Alam sambil Bermain Peran Sangat Mengasyikkan

Group investigation memiliki kelebihan yakni mampu menciptakan cara belajar siswa menjadi lebih aktif, menumbuhkan motivasi belajar mandiri dalam diri siswa. Dapat menumbuhkan minat dan kreativitas siswa, lebih memupuk cara berpikir analitis, serta dapat meningkatkan kepedulian antaranggota dalam belajar.

Adapun kekurangannya bahan ajar banyak tetapi waktu yang disediakan sedikit dan siswa yang malas memiliki kesempatan untuk tetap pasif dalam kelompoknya. Memungkinkan mempengaruhi kelompoknya sehingga usaha kelompok tersebut gagal. Untuk menyiasati siswa yang malas, guru mengawasi saat kegiatan investigasi kelompok berlangsung dengan berkeliling ke setiap kelompok, sehingga siswa tidak memiliki kesempatan untuk berpangku tangan dalam kerja kelompok. (pkl2/lis)

Guru SDN 01 Wisnu, Watukumpul, Kabupaten Pemalang

Author

Populer

Lainnya