Sehat dengan Kartu Personal Health Assignments

spot_img

RADARSEMARANG.ID, OLAHRAGA merupakan kebutuhan bagi setiap manusia di zaman milenial seperti sekarang ini. Seseorang yang melakukan olahraga akan memberikan banyak dampak positif bagi tubuh, yaitu badan menjadi bugar, sehat serta lebih fresh dari sebelumnya. Pelaksanaan Pendidikan Kesehatan diberikan melalui Kegiatan kurikuler dan kegiatan ekstrakurikuler. Pelaksanaan pendidikan melalui kegiatan kurikuler adalah pelaksanaan pendidikan kesehatan pada jam pelajaran sesuai dengan Garis-garis Besar Program Pengajaran mata pelajaran sains dan ilmu pengetahuan sosial. Pelaksanaannya di SMAN 1 Pengandon, Kendal dilakukan melalui peningkatan pengetahuan, penanaman nilai dan sikap positif terhadap prinsip hidup sehat dan peningkatan keterampilan dalam melaksanakan hal yang berkaitan dengan pemeliharaan, pertolongan dan perawatan kesehatan.

Kesehatan adalah dambaan kita semua. Untuk hidup sehat tentunya kita akan menjalankan sebuah aktivitas rutin dengan memperhatikan gaya hidup sehat. Kekayaan secara materi tidak akan ada artinya bila kita masih terjebak dalam kondisi atau situasi sakit baik itu karena virus, penyakit atau pun karena tingkah laku kita yang tidak memperhatikan kondisi kesehatan. Kartu tugas kesehatan pribadi (Personal Health Assignments) adalah kartu tugas yang dibuat untuk proses pembelajaran pada materi kesehatan pribadi yang bertujuan untuk mempermudah menganalisis kesehatan pribadi peserta didik. Kartu tugas kesehatan pribadi ini dapat dijadikan referensi guru Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan (PJOK) disemua jenjang pendidikan, pada materi pendidikan kesehatan. Demikian juga bagi masyarakat pada umumnya.

Baca juga:   Belajar Kimia dengan Menggunakan Jembatan Keledai

Kartu tugas kesehatan pribadi (Personal Health Assignments) di dukung dengan buku panduan instrumen kartu tugas kesehatan pribadi, yang di dalamnya berisi tentang definisi, instrumen, tebel dan format kartu tugas kesehatan pribadi. Dengan adanya buku panduan instrumen kartu tugas kesehatan pribadi ini peserta didik akan lebih mudah untuk mengisi kartu tugas kesehatan pribadi karena sudah terdapat cara pengisiannya. Buku instrumen kartu tugas kesehatan pribadi terdiri dari pola makan, aktivitas fisik, pola istirahat, kebersihan pribadi dan lingkungan. Pola makan yang baik adalah pengaturan makanan yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita, pola makan harus memperhatikan tiga komponen penting yaitu jenis, frekuensi, dan jumlah. Kecukupan gizi yang harus terpenuhi oleh seseorang adalah pemenuhan kandungan gizi sejumlah 2.200 kalori setiap hari.

Aktivitas fisik adalah melakukan pergerakan anggota tubuh yang menyebabkan pengeluaran tenaga yang sangat penting bagi pemeliharaan kesehatan fisik, mental, dan mempertahankan kualitas hidup agar tetap sehat dan bugar sepanjang hari. Isirahat adalah suatu keadaan tenang, relaks, tanpa tekanan emosional, dan bebas dari perasaan gelisah. Istirahat yang baik tentunya akan membuat tubuh menjadi senantiasa bugar dalam menjalani aktivitas sehari-hari.menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga merupakan hal penting, untuk mendukung terpolanya hiup sehat. Semoga kita semua senantiasa sehat dan semangat. (ikd2/zal)

Baca juga:   Strategi Mengatasi Pembelajaran Daring dengan Media Animatif-Interaktif

Guru Penjasorkes SMAN 1 Pengandon, Kendal

Author

Populer

Lainnya