Pohon Karier Tingkatkan Pembelajaran Lingkungan Pekerjaan

spot_img

RADARSEMARANG.ID, DALAM melaksanakan Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas seharusnya melibatkan semua aspek. Guru harus bisa membawa situasi belajar yang nyaman dan menyenangkan. Sehingga semua murid akan merasa mendapatkan haknya. Kegiatan pembelajaran yang dilakukan di kelas akan menentukan keberhasilan siswa, terutama pada pemilihan sumber dan media pembelajaran.

Penyampaian materi dengan cara ceramah sering membuat siswa kesulitan dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Dari permasalahan tersebut, penggunakan alat peraga yang sesuai dengan materi pembelajaran dapat membantu dalam penyampaian materi. Materi pembelajaran yang dapat disampaikan dengan penggunaan alat peraga dalam Pengenalan Lingkungan Pekerjaan. Materi ini ada pada kelas 8 semester 2 di SMP Negeri 3 Patebon. Alat peraga berupa pohon karier. Melalui pohon ini, siswa dapat mengenal lingkungan pekerjaan. Siswa juga dapat memahami materi dengan mudah dan cepat. Di samping itu, siswa dapat terlibat aktif dalam pembelajaran.

Pengunaan pohon karier, guru dapat menyampaikan materi tentang bimbingan karier untuk memilih, menyiapkan diri, mencari, dan menyesuaikan diri terhadap karir yang sesuai minat, bakat, dan kemampuan. Sehingga siswa dapat menemukan karier yang efektif dan memberikan kepuasan dan kelayakan. Tujuan umum dari pembelajaran menggunakan alat peraga ini yaitu untuk membantu siswa dalam pemahaman diri dan lingkungan ketika mereka mengambil keputusan perencanaan dan pengarahan kegiatan yang menuju kepada karier dan rasa hidup seimbang pada diri dan lingkungannya. Tujuan khusus yaitu untuk meningkatkan pemahaman diri siswa tentang dunia kerja, pembinaan sikap yang serasi terhadap partisipasi, peningkatkan kemahiran berpikir, pengembangan nilai-nilai sehubungan dengan gaya hidup yang dicita-citakan.

Baca juga:   Scratch Atasi Kebosanan Belajar dalam PJJ

Salah satu fase perkembangan manusia dalam kehidupan adalah keinginan mereka dalam mencapai titik dalam memaksimalkan potensi dan kemandirian secara finansial. Kemaksimalan potensi dan kemandirian secara finansial ini erat kaitannya dengan karier atau jenis pekerjaan yang dilakukan. Selama menelusuri kehidupan, beberapa siswa memiliki pilihan atau kesempatan untuk memilih seperti jurusan, jenis pekerjaan, serta bercita-cita untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Bukan berarti pilihan tersebut akan dapat dipenuhi tanpa ada dasar yang memotivasi diri oleh diri siswa tersebut.

Pohon karier merupakan alat peraga yang sesuai dengan tujuan dilaksakan bimbingan karir di sekolah dalam rangka membantu mengarahkan cita-cita para siswa. Di Indonesia masih banyak orang menganggur ataupun bekerja pada lapangan pekerjaan yang tidak sesuai dengan potensinya. Bila orang menginginkan pekerjaan yang sesuai dengan potensi yang dimiliki, mereka harus menyadari berbagai kemungkinan pekerjaan, mengembangkan ketrampilan yang diperlukan, mendapat pengalaman kerja, dan membuat pilihan pekerjaan yang tepat bagi dirinya. Jadi, sejak awal perlu kesadaran akan pekerjaan melalui bimbingan dan konseling agar dapat mempersiapkan karier yang tepat bagi masa depan, mampu belajar menguasai ketrampilan yang diperlukan guna mengarahkan diri pada cita-cita yang realistik.

Baca juga:   Enjoy Bermain Bulutangkis dengan Modifikasi Tinggi Net

Menurut Winkel (2005:14) bimbingan karier adalah bimbingan dalam mempersiapkan diri menghadapai dunia kerja. Mereka dapat mempersiapkan lapangan kerja atau jabatan, profesi tertentu, serta membekali diri supaya siap memangku jabatan sesuai dengan dengan berbagai tuntutan dari lapangan pekerjaan yang akan dimasuki.

Dengan demikian siswa dapat memahami tentang studi lanjut dan diri mereka sendiri yang berkaitan dengan pekerjaan. Siswa tidak salah dalam penjurusan sehingga siswa dapat mengambil keputusan sendiri secara bijaksana. Karena seluruh siswa memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan diri dalam pencapaian karier secara tepat. (ikd1/zal)

Guru BK SMPN 3 Patebon, Kendal

Author

Populer

Lainnya